Senin , 21 Nov 2022, 09:04 WIB

Surat Al Hujurat Ayat 13 Warnai Pembukaan Piala Dunia 2022

Red: Erik Purnama Putra
Ghanim Al Muftah bersama Morgan Freeman.
Foto @g_almuftah

Ghanim Al Muftah bersama Morgan Freeman.

Hafiz disabilitas Ghanim Al Muftah tampil bersama Morgan Freeman di acara pembukaan.

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- Pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Ahad (20/11/2022) malam WIB, diwarnai penampilan yang berbeda dibandingkan ajang tahun-tahun sebelumnya. Aktor senior Hollywod, Morgan Freeman tampil di upacara pembukaan Piala Dunia 2022.

Penonton sempat mengira Freeman bakal tampil seorang diri di panggung. Namun, Freeman ternyata berdialog dengan hafiz penyandang disabilitas bernama Ghanim Al Muftah, yang mendadak muncul. Ghanim adalah duta resmi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ghanim pun sempat menyinggung tentang persatuan dan keberagaman. Setelah itu, ia mengutip Surat Al Hujurat ayat 13. Isi surat tersebut artinya, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal."

Dialog yang terjadi antara Freeman dan Ghanim berlangsung menarik, karena keduanya saling hormat satu sama lain. Freemen memilih untuk duduk tanpa alas di panggung untuk menghormati Ghanim yang berjalan menggunakan tangannya.

Akhir sesi pembukaan ditandai Freem yang berdiri kembali sembari mengulurkan tangannya yang diikuti Ghamin. Kedua tangan itu tidak sampai bersentuhan, namun menandakan persatuan dan mengajak semua manusia melakukan hal yang sama demi kedamaian dunia.

Sesudah penampilan di panggung, Ghamin yang duduk di kursi roda mengunggah fotonya bersama Freeman di balik panggung. "Morgan FreeMan & Ghanim Al Muftah #FIFAWorldCup," katanya melalui akun Twitter @g_almuftah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia 2022 piala dunia qatar ghanim al muftah morgan freeman morgan freeman dan ghamin al muftah
Berita Terpopuler
Berita Lainnya