Kamis 24 Nov 2022 06:25 WIB

Inilah Lima Jenis Bakteri Paling Mematikan di Dunia, Seperti Apa Gejala Infeksinya?

Infeksi bakteri bisa memunculkan keluhan yang beragam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pilek/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Pilek/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi bakteri kini menjadi penyebab kematian kedua terbesar di dunia. Pada 2019, misalnya, sebanyak satu dari delapan kematian di dunia disebabkan oleh infeksi bakteri yang umum ditemukan dalam keseharian. Jumlah kematian akibat infeksi bakteri hanya "berhasil" dilampaui oleh penyakit jantung pada tahun yang sama.

Infeksi bakteri bisa memunculkan keluhan yang beragam, mulai dari infeksi kulit, keracunan makanan, hingga infeksi saluran kemih. Selain dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, infeksi bakteri juga patut dikhawatirkan karena semakin meningkatnya masalah resistensi obat antibiotik.

Baca Juga

Dalam kasus yang berat karena antibiotik tidak bisa bekerja, infeksi bakteri bisa memicu terjadinya sepsis. Sepsis merupakan penyakit mematikan yang disebabkan sistem imun menyerang diri sendiri.

Hanya perlu lima macam bakteri saja untuk menyebabkan setengah dari total kasus kematian akibat infeksi bakteri di dunia. Kelima bakteri tersebut adalah E.coli, S.aureus, S.pneumoniae, K.pneumoniae, dan P.aeruginosa.