Kamis 24 Nov 2022 19:05 WIB

Trik Bikin Brulee Bomb Antigagal Ala Chef

'Brulee bomb' merupakan camilan gurih yang terbuat dari keju.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
'Brulee bomb' merupakan camilan gurih yang terbuat dari keju.
Foto: www.pixabay.com
'Brulee bomb' merupakan camilan gurih yang terbuat dari keju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brulee bomb merupakan cemilan gurih dengan keju yang bisa dinikmati dalam berbagai situasi. Selain lezat dan praktis untuk disantap, kreasi menu ini cukup mudah untuk dibuat serta cocok untuk dijadikan menu berjualan.

Chef Dicky Hernawan dari Emina Cheese mengatakan ada dua kunci penting dalam menghasilkan brulee bomb yang lezat. Kedua kunci tersebut adalah menonjolkan aroma dan rasanya.

Baca Juga

Untuk menonjolkan aroma, Chef Dicky merekomendasikan penggunaan mentega atau butter saat membuat brulee bomb. Chef Dicky mengatakan butter mix bisa menjadi alternatif bila tak ingin menggunakan mentega sepenuhnya. Butter mix ini bisa terdiri dari 70 persen mentega dan 30 persen margarin.

"Saya sarankan jangan gunakan full margarin, karena untuk membantu memunculkan aroma brulee bomb, kita butuh butter (mentega)," ujar Chef Dicky dalam 'Grand Launching Emina Cheese Mozza' di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Aroma brulee bomb juga dapat dioptimalkan lewat daging yang digunakan sebagai pelengkap. Chef Dicky menganjurkan agar daging yang akan digunakan ditumis terlebih dahulu hingga aromanya benar-benar keluar.

Untuk meningkatkan cita rasa, penggunaan bumbu penyedap bisa menjadi solusi. Dari berbagai jenis penyedap yang ada, Chef Dicky lebih merekomendasikan bumbu penyedap berbasis jamur. Namun rekomendasi ini bersifat opsional dan bisa disesuaikan dengan selera.

"Mau (penyedap) jamur, ayam, sapi, boleh sesuai selera," jelas Chef Dicky.

Bila menggunakan daging giling sebagai isian brulee bomb, Chef Dicky juga memberikan satu tips agar cita rasa daging bisa menyebar secara merata di tiap gigitan. Chef Dicky menganjurkan agar kandungan lemak dalam daging giling yang digunakan tak lebih dari 15 persen.

"Kalau lebih dari itu, khawatir (saat dimasak) dagingnya menciut dan lemaknya cair, jadi tidak kelihatan dagingnya," lanjut Chef Dicky.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement