Jumat , 25 Nov 2022, 01:07 WIB

FIFA Terkesan Tradisi Beres-Beres Timnas Jepang di Ruang Ganti Piala Dunia

Red: Israr Itah
Selebrasi pemain Jepang setelah Ritsu Doan mencetak gol yang menyamakan kedudukan 1-1 dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar (23 /11/2022).
Foto EPA-EFE/Rungroj Yongrit

Selebrasi pemain Jepang setelah Ritsu Doan mencetak gol yang menyamakan kedudukan 1-1 dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar (23 /11/2022).

Bagi orang Jepang, tradisi bersih-bersih itu bisa dibilang hal yang lumrah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya membuat kejutan setelah mengalahkan Jerman 2-1 dalam Piala Dunia 2022, Jepang juga turut menjadi sorotan setelah para penggemar dan para pemain Samurai Biru itu menerapkan tradisi beres-beres dan bersih-bersih di tribun maupun di ruang ganti pemain.

Rekaman para penggemar tengah membersihkan sampah di tribun Stadion Internasional Khalifa viral di media sosial bersama foto-foto dari ruang ganti timnas Jepang ketika para pemainnya juga meninggalkan stadion dalam kondisi bersih dan rapi.

Baca Juga

FIFA dalam unggahan di media sosialnya bahkan terkesan melihat lantai ruang ganti yang telah disapu bersih, rompi dan handuk yang dilipat dalam tumpukan yang rapi. Disertai dengan deretan origami angsa yang disimpan di samping catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

Bagi orang Jepang, tradisi bersih-bersih itu bisa dibilang hal yang lumrah dilakukan. Di Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, foto-foto ruang ganti disertai dengan ucapan terima kasih juga sempat menjadi sorotan dan membuat banyak orang terkesan dengan budaya unik tim tersebut.

Jepang akan melanjutkan laga Grup E Piala Dunia 2022 pada 27 November untuk menghadapi Kosta Rika, yang sebelumnya kalah telak 0-7 dari Spanyol pada pertandingan Rabu (23/11).

Jika Samurai Biru bisa memenangi pertandingan tersebut maka Jepang akan melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FIFA World Cup (@fifaworldcup)

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
piala dunia qatar 2022 piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia jepang tradisi bersih bersih jepang
Berita Terpopuler
Berita Lainnya