Sabtu 26 Nov 2022 07:25 WIB

Restorasi Gerbang Masjid Biru Istanbul Berusia 400 Tahun Hampir Selesai

Restorasi Masjid Biru dimulai sejak Juli 2017.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang berbuka puasa dengan latar belakang Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, dihiasi dengan lampu dan slogan bertuliskan Ramadhan adalah cinta, menandai bulan Ramadhan, di distrik bersejarah Sultan Ahmed di Istanbul, Turki,  Selasa (13/4). Restorasi Gerbang Masjid Biru Istanbul Berusia 400 Tahun Hampir Selesai
Foto: AP / Emrah Gurel
Orang-orang berbuka puasa dengan latar belakang Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, dihiasi dengan lampu dan slogan bertuliskan Ramadhan adalah cinta, menandai bulan Ramadhan, di distrik bersejarah Sultan Ahmed di Istanbul, Turki, Selasa (13/4). Restorasi Gerbang Masjid Biru Istanbul Berusia 400 Tahun Hampir Selesai

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Direktorat Jenderal Yayasan Turki menyatakan pekerjaan restorasi di Masjid Biru yang ikonik di Istanbul berlanjut sesuai rencana. Restorasi gerbang berusia 400 tahun hampir selesai.

Pekerjaan konservasi dan restorasi masjid yang dibangun oleh arsitek Sedefkar Mehmed Agha antara 1609 dan 1617 Masehi itu telah dimulai sejak Juli 2017 dan berlanjut secara bertahap. Kini semua proses restorasi telah mendekati akhir.

Baca Juga

Direktorat mengatakan pekerjaan tahap pertama selesai pada April 2022, dan tahap kedua dimulai pada Agustus 2022. Manajer Umum Yayasan Burhan Ersoy mengatakan semua perbaikan yang diperlukan pada skala yang berbeda di menara, di halaman dan di dalam kompleks struktur telah ditangani secara komprehensif dan rinci oleh tim ahli.

"Pekerjaan telah selesai sebagian besar, dan perancah didirikan di dalam strukturnya akan segera dibongkar, dan semua elemen asli kompleks itu akan dibuka untuk umum dengan segala kemegahannya," katanya, seperti dilansir Daily Sabah, Sabtu (26/11/2022).

Ia juga mengatakan gerbang masjid berusia 400 tahun itu juga dipugar. Ersoy mengatakan pintu masuk ke halaman serambi masjid adalah melalui gerbang perunggu dari tiga arah, dan selain dari penyeberangan geometris pintu-pintu ini, bahkan kerah engsel besi kerawang dibordir dengan teknik menggores dan pola Rumi dapat dilihat di gerbang.

Menunjukkan ada prasasti di bagian atas, Ersoy menyatakan bahwa yang kiri memiliki kata-kata "Wahai Muhammad, beri kabar baik kepada orang-orang yang beriman, dan yang di sebelah kanan bertuliskan Pertolongan dari Allah dan penaklukan yang akan segera terjadi."

"Sayap pintu, yang merupakan karya seni yang luar biasa, seperti pintu samping halaman lainnya, dibuat oleh perhiasan Zilli, ayah dari penulis sejarah terkenal kami Evliya elebi," katanya.

Ersoy menegaskan pemugaran kompleks yang menonjol sebagai masjid dengan enam menara ini terus dilakukan dengan cermat. "Kami akan menyelesaikan restorasi umum serta (pengerjaan) pintu yang megah dan khusus, pada kuartal pertama tahun 2023," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّكَانَ عَرْشُهٗ عَلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗوَلَىِٕنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْۢ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَٓا اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang kafir itu akan berkata, “Ini hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Hud ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement