Ahad 27 Nov 2022 13:06 WIB

Ternyata Ada Orang NU yang Jadi Pelatih di Piala Dunia

Menurut Gus Dur, orang NU yang dimaksud adalah Guus Hiddink.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Trofi Piala Dunia. Menurut Gus Dur, orang NU yang jadi pelatih peserta<a href= Piala Dunia adalah Guus Hiddink. Foto: IST" />
Trofi Piala Dunia. Menurut Gus Dur, orang NU yang jadi pelatih peserta Piala Dunia adalah Guus Hiddink. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Piala Dunia 2022 tengah berlangsung di Qatar. Sejumlah kejutan pun terjadi seperti Arab Saudi yang mampu mengalahkan Argentina, atau Jepang yang melibas Jerman. Namun, siapa sangka ternyata ada "orang NU" yang menjadi pelatih negara peserta Piala Dunia.

Cerita ini dikisahkan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ia berkata pada Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang-Korea Selatan, sepak bola Asia mampu berbicara banyak di pentas dunia setelah Korsel mampu menembus partai semifinal. Kesuksesan Korsel saat itu ternyata menurut Gus Dur ada peran orang NU.

BACA JUGA: Siapa Manusia Pertama yang Rambutnya Putih (Beruban), Apa karena Mikirin Rakyat Seperti Kata Jokowi?

Dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur karya Hermawan Sulistyo, Korsel yang melaju ke babak semifinal usai menyingkirkan Italia di babak perdelapan final itu karena memiliki pelatih dari NU, yakni Guus Hiddink. Panggilan 'Gus' ditujukan untuk anak-anak 'darah biru' di Jawa Timur, baik anak-anak kiai di pondok pesantren atau anak-anak priyayi Jawa.

Asal-mulanya diambil dari kata 'Raden Bagus', yaitu sebutan untuk priyai kecil. Lalu panggilan itu diubah menjadi 'Den Bagus' dan akhirnya 'Gus' saja.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Pakai Google Chrome Gratis di Sini: Banyak Fitur Baru Kece-Kece

Sedangkan Guus Hiddink adalah pelatih sepakbola berkewarganegaraan Belanda. Humor satu ini pernah menjadi salah satu favorit Gus Dur, karena kesukaannya terhadap sepak bola. Menariknya lagi, ternyata Gus Dur hafal hampir semua pemain sepak bola Eropa, bahkan sekalipun yang ejaannya sulit diucapkan.

.

DENGARKAN DONGENG PILIHAN UNTUK ANDA:

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> Download Lagu (MP3) dari YouTube, GratisTinggal Klik Pakai Savefrom.net, Aman dan Gampang

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

> Download Lagu MP3 Gratis dari YouTube Pakai MP3 Juice Lalu Simpan di HP: Cepat dan Mudah

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ ەۙ وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً ۗوَرَهْبَانِيَّةَ ِۨابْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۚفَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ
Kemudian Kami susulkan rasul-rasul Kami mengikuti jejak mereka dan Kami susulkan (pula) Isa putra Maryam; Dan Kami berikan Injil kepadanya dan Kami jadikan rasa santun dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka (yang Kami wajibkan hanyalah) mencari keridaan Allah, tetapi tidak mereka pelihara dengan semestinya. Maka kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya, dan banyak di antara mereka yang fasik.

(QS. Al-Hadid ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement