Sinergi Unissula – Unhas Perkuat Pengelolaan Jurnal Internasional Terakreditasi

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Rektor Unissula, Prof Gunarto (paling kanan) saat memimpin delegasi Unissula dalam kunjungan ke Unhas Makassar, baru-baru ini.
Rektor Unissula, Prof Gunarto (paling kanan) saat memimpin delegasi Unissula dalam kunjungan ke Unhas Makassar, baru-baru ini. | Foto: dok. istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang perkuat kolaborasi dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Nota kesepahaman penguatan  kerjasama ini telah diteken oleh kedua rektor, bersamaan dengan kunjungan Rektor Unissula ke Unhas.

Rektor Unissula, Prof Gunarto mengatakan, kerja sama yang dibangun dengan Unhas diharapkan akan mempermudah akses kolaborasi kedua institusi. "Khususnya dalam bidang sitasi dan pengelolaan jurnal internasional terakreditasi," ungkapnya, dalam keterangan pers di Semarang.

Gunarto juga memandang, kerja sama kedua istitusi pendidikan tinggi ini sangat penting dalam  membangun sinergi pengembangan hard skill dan soft skill. "Sehingga kedua perguruan tinggi akan mampu menghasilkan para  lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan siap untuk berkompetisi di era global," tegasnya.

Menanggapi kerja sama ini, Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa menyampaikan, Unhas merespons baik tawaran Unissula dan siap membangun poros kolaborasi. Dalam hal ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Unhas yang kini telah memiliki 350 profesor saat ini juga telah memiliki tiga jurnal terindeks Scopus," ungkapnya.

Jamaluddin juga sepakat antar kedua lembaga pendidikan tinggi (Unhas dan Unissula) nantinya bisa saling mensitasi jurnal dan berkolaborasi. Sebagai implementasi awal nota kesepahaman yang baru ditandatangani, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dekan Fakultas Hukum kedua institusi.

"Penandatanganan ini merupakan sebuah komitmen agar kerja sama yang telah terjalin, bisa langsung membawa manfaat untuk kedua belah pihak," tegas Jamaluddin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark