Gelaran KMI Expo 2022, Unisa Yogya Pamerkan Veggieable Salad

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Stan Unisa Yogya yang memamerkan produk Veggieable Salad dalam KMI Expo 2022 yang digelar di UPN Veteran Surabaya
Stan Unisa Yogya yang memamerkan produk Veggieable Salad dalam KMI Expo 2022 yang digelar di UPN Veteran Surabaya | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2022 di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya, Jawa Timur.

KMI Expo merupakan program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) dan digelar sejak 23-26 November 2022 kemarin. Dalam kegiatan tersebut, Unisa Yogya memamerkan unggulan hasil inovasi Unisa yakni Veggieable Salad.

"Ini merupakan salah satu program dari Kemendikbudristek yang memiliki tujuan untuk terus melahirkan dan meningkatkan potensi Kewirausahaan yang dimiliki oleh para mahasiswa," kata Koordinator Penalaran Kreativitas dan Kewirausahaan Unisa Yogyakarta, Yekti Satriyandari, Ahad (27/11/2022).

Terkait dengan Veggieable Salad, Yekti mengatakan, merupakan salah satu hasil inkubator bisnis 'Unisa Preneur'. Produk tersebut merupakan inovasi usaha makanan sehat dan bergizi yang memanfaatkan sumber daya lokal DIY.

"Saat ini Veggieable Salad telah membuat produk uji coba resep  yaitu lima macam varian salad sayur dengan tiga macam saus dan memberikan sampelnya kepada masyarakat," ujar Yekti.

Inovasi tersebut diciptakan juga sebagai upaya peningkatan ekonomi Kelompok Wanita Tani (KWT) yakni KWT Marsudi Luhur. KWT tersebut menjadi mitra pemasok bahan sayuran untuk pembuatan Veggieable Salad.

"(Sampel produk diberikan ke masyarakat) Sebagai bentuk perkenalan kepada masyarakat, dan juga kerja sama dengan KWT Marsudi Luhur telah dibahas, antara lain mereka sebagai mitra pemasok bahan sayuran untuk pembuatan Veggieable Salad," jelasnya.  

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unisa Yogyakarta, Mufdlilah, mengapresiasi mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan KMI Expo 2022. Melalui inovasi tersebut, diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, baik konsumen maupun mitra yang terlibat.

"Selamat dan saya sangat mendukung serta mengapresiasi kepada mahasiswa dan mahasiswi Unisa Yogyakarta yang tampil ikut serta dalam gelaran KMI Expo di UPN Veteran Surabaya," kata Mufdlilah.

Inovasi makanan sehat ini diciptakan oleh lima mahasiswa dari beberapa program studi (prodi) di Unisa Yogyakarta. Mulai dari dua mahasiswa dari Prodi Gizi, satu mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi, satu mahasiswa Prodi Teknologi Laboratorium Medis, dan satu mahasiswa Prodi Manajemen, dengan dosen pembimbing yakni Fitri Maulidah Rahmawati.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


The 3th ICHST Unisa Yogyakarta Bahas Transformasi Teknologi Kedokteran

Pembuatan Ecobrick Unisa Yogyakarta Raih Rekor MURI

2.500 Lebih Maba Unisa Yogya Ikuti Mataf

Implementasi Sekolah Hijau, Unisa Yogyakarta Terapkan Program ALiMM di Sekolah

Unisa Yogyakarta Tawarkan International Joint Research dengan UiTM Malaysia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark