Senin 28 Nov 2022 16:28 WIB

Menghidupkan Arsitektur Hijau Asli Mesir

30 persen pendapatan rumah tangga digunakan untuk menyejukkan ruangan.

Red: Dwi Murdaningsih
Kairo, Mesir
Foto: Al Monitor
Kairo, Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iklim Mesir yang panas dan kering bisa mencapai suhu 50 derajat Celcius. Kini dengan teknologi kuno lokal, seorang arsitektur perempuan berusaha membuat rumah tinggal yang hijau, efisien energi dan tidak mahal.

 

Baca Juga

Arsitek Sarah El-Battouty mengungkap sebuah masalah yang mencolok di Mesir, yaitu suhu ekstrem. Suhu ekstrem begitu mengancam kehidupan.

"Mengapa tidak ada gedung-gedung hijau di Mesir? Kalau ada, mengapa sangat sedikit?"

Dia percaya kalau mau mendalami pengetahuan asli Mesir, semua akan dapat memetik keuntungan dari teknologi yang keberadaannya tidak diketahui sama sekali.

Arsitek asal Kairo Sarah El Battouty, ingin menemukan dan menerapkan pengetahuan serta kearifan lokal ini dalam arsitektur modern. Timnya mendesain bangunan yang punya dampak lingkungan dan sosial. 

Sangat panas

Suhu di musim panas di Mesir bisa naik hingga 50 derajat Celsius. Lautan bangunan beton di Kairo ikut memicu panas yang membekap. Warga kota yang berduit dan bisa membayar, tergantung pada AC untuk menyejukkan ruangan. 

"Sekitar 30 persen pendapatan rumah tangga digunakan untuk menyejukkan ruangan," ungkap El-Battaouty.

"Jadi mengapa kita tidak membuat bangunan yang menyediakan kesejukan sejak awal, dan tidak sekedar menggunakan solusi konvensional?"

 

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ لَتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الْيَهُوْدَ وَالَّذِيْنَ اَشْرَكُوْاۚ وَلَتَجِدَنَّ اَقْرَبَهُمْ مَّوَدَّةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّا نَصٰرٰىۗ ذٰلِكَ بِاَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيْسِيْنَ وَرُهْبَانًا وَّاَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ ۔
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani.” Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Ma'idah ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement