Senin 28 Nov 2022 12:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Kecil Akibatkan Pemadaman Listrik di Dekat Washington

Pesawat kecil mengalami kecelakaan di jaringan kabel voltase tinggi di Washington

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kecelakaan Pesawat/ilustrasi
Foto: xinhua
Kecelakaan Pesawat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah pesawat kecil mengalami kecelakaan di jaringan kabel voltase tinggi sekitar 30 mil sebelah utara Washington D.C. Kecelakaan ini mengakibatkan pemadaman listrik di daerah sekitarnya.

Tim penyelamat berusaha menyelamatkan dua orang di dalam pesawat yang terbelit kabel-kabel. Pemadam Kebakaran Montgomery County mengatakan pesawat itu kecelakaan pada pukul 05.30 waktu setempat di Montgomery Village, Maryland yang berkabut dan basah.

Pesawat terjebak di kabel-kabel tiang listrik dengan ketinggian 100 kaki dari tanah. Perusahaan utilitas, Pepco mengatakan pemadam berdampak pada 120 konsumen. Jalan-jalan juga ditutup dan banyak lampu lalu lintas di daerah sekitar yang mati.

Pemadam kebakaran mengatakan dua orang di dalam pesawat masih hidup tapi mereka terjebak. Kepala Pemadam Kebakaran Montgomery County Scott Goldstein mengatakan tim penyelamat melakukan kontak dengan dua orang itu.

Pemadam kebakaran menelepon telepon genggam di gelombang biasa. Ia menolak menjelaskan kondisi dua orang di dalam pesawat itu. "Kami sudah mengontak mereka," katanya, Senin (28/11/2022).

"Tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman mengakses menara itu sampai diturunkan, artinya kru harus naik ke atas kabel-kabel itu sendiri untuk memasang klem dan kabel ke jaringan, untuk memastikan tidak ada listrik statis atau nyasar," kata Goldstein.  

Goldstein mengatakan pesawat harus diamankan terlebih dahulu dari menara listrik sebelum penumpang pesawat dapat dipindahkan. Ia mengatakan perusahaan setempat menyedikan "crane yang sangat besar" di lokasi kejadian.

Selain itu pakar menara listrik akan bertanggung jawab untuk menggunakan bucket trucks. Berdasarkan FFA pesawat Mooney M20J terbang dari Westchester, New York dan mendarat di Montgomery Airpark, dekat lokasi kecelakaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement