Senin 28 Nov 2022 16:57 WIB

Peserta Proliga 2023 Wajib Daftarkan Tujuh Pemain Sebelum 7 Desember

Setiap tim di Proliga nantinya dipersilakan mendaftarkan 18 pemain,

Red: Israr Itah
Direktur Proliga Hanny Surkatty
Foto: FOTO ANTARA/ Feny Selly
Direktur Proliga Hanny Surkatty

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Proliga Hanny S. Surkatty mengatakan, tim peserta yang bersaing pada musim 2023 wajib mendaftarkan minimal tujuh pemain, paling lambat hingga 7 Desember 2022.

"Diharapkan semua tim sudah memasukkan minimal tujuh pemainnya kepada kami. Nama-nama pemain tersebut yang sudah pasti. Karena yang sudah didaftarkan itu tidak bisa diganti lagi," kata Hanny dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Baca Juga

Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) itu juga menambahkan, setiap tim nantinya dipersilakan mendaftarkan 18 pemain, termasuk dua pemain asing dari ketentuan setiap tim harus punya minimal satu pemain asing untuk Proliga 2023.

"Pemain lainnya untuk melengkapi 18 pemain didaftarkan satu hari menjelang dimulainya kompetisi yaitu pada 4 Januari 2023," kata Hanny menuturkan.

Pemain yang sudah didaftarkan tersebut, lanjut Hanny, nantinya bisa diganti menjelang putaran kedua yaitu pada 1 Februari 2023 atau pada pertemuan teknik di Gresik. Penggantian hanya diperbolehkan dua pemain domestik dan satu pemain asing.

"Namun, jika tidak mengganti pemain asing, maka setiap klub boleh mengganti tiga pemain domestiknya," ujar Hanny.

Untuk pemain asing yang diturunkan wajib memiliki Kartu Ijin tinggal sementara (Kitas) dan International Transfer Certificate (ITC). Sedangkan pelatih asing hanya diminta memiliki Kitas.

Kompetisi kasta tertinggi bola voli di Tanah Air untuk musim 2023 akan dimulai pada 5 Januari hingga 19 Maret 2023. Sebanyak tujuh tim putra dan enam putri akan meramaikan kompetisi yang telah memasuki tahun ke-21 itu. Ketujuh tim putra peserta Proliga 2023 itu antara lain Bogor Lavani, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru Jakarta Bhayangkara.

Sementara enam tim putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, serta tim pendatang baru Jakarta BIN.

Kompetisi Proliga 2023 ini akan berlangsung di delapan kota yakni Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Bandung merupakan kota pembuka pada 5 Januari 2023 dan berakhir di Yogyakarta pada 19 Maret 2023.

Kompetisi bola voli paling bergengsi di Indonesia ini mulai kembali bergulir pada musim 2022 setelah sempat terhenti karena adanya pandemi COVID-19. Pada musim 2020 Proliga terhenti pada putaran kedua adanya COVID-19 yang mengguncang dunia. Tahun 2021 kompetisi ditiadakan.

Lalu pada Proliga 2022, kompetisi berlangsung di satu tempat yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement