Senin 28 Nov 2022 18:39 WIB

Ini Masukan Presiden Madura United untuk Penerapan Sistem Bubble di Liga 1 Musim Ini

Achsanul ingin penerapan sistem apa pun konsisten sampai akhir musim.

Red: Israr Itah
Presiden Madura United Achsanul Qosasi
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Presiden Madura United Achsanul Qosasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Madura United Achsanul Qosasi memberikan tanggapan soal penerapan sistem bubble pada lanjutan sisa putaran pertama kompetisi Liga 1 2022/2023. Achsanul mengatakan, penerapan sistem bubble ini dapat merugikan sejumlah klub, terutama tim yang seharusnya menjadi tuan rumah pada putaran pertama.

Pria asal Sumenep itu mencontohkan laga Persija Jakarta kontra Persib Bandung pada putaran pertama akan terimbas sistem bubble to bubble, di mana pada putaran kedua Persija Jakarta akan main melawan Persib Bandung di kandangnya sendiri.

Baca Juga

"Jika (memutuskan kompetisi) sistem bubble, lakukan saja sampai kompetisi selesai. Karena, jika gonta-ganti sistem tidak akan adil," ungkap Achsanul, dikutip dari situs resmi klub, Senin (28/11/2022).

Ia meminta meminta agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus percaya diri mengajukan kompetisi kepada pemerintah agar tidak berubah-ubah, seperti konsisten menerapkan sistem bubble to bubble atau tetap home away.

Beberapa waktu lalu PT LIB sebagai operator kompetisi Liga 1 2022/2023 mewacanakan kompetisi akan segera dilanjutkan dengan merencanakan kompetisi tersebut kembali ke sistem bubble to bubble.

Sistem tersebut pernah digunakan pada musim 2021/2022 sepanjang kompetisi, dengan dibagi menjadi enam seri. Sehingga, sejak pekan pertama hingga pekan ketiga tidak mengalami perubahan sistem.

Selain itu, bubble to bubble merupakan sistem yang digunakan untuk sentralisasi pertandingan di daerah tertentu. Seperti musim kemarin, dipusatkan di Jabodetabek dan Bandung, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan terakhir Bali.

Berbeda dengan rencana untuk kelanjutan Liga 1 2022/2023. Kompetisi akan digelar dengan sistem bubble to bubble khusus putaran pertama atau selama enam pekan. Karena, kompetisi baru berjalan 11 pekan. Bahkan belum tuntas sepenuhnya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement