Senin 28 Nov 2022 23:08 WIB

PSSI: Timnas Diizinkan Bermarkas di SUGBK Saat Piala AFF 2022

Namun, belum diketahui laga timnas di SUGBK pada Piala AFF boleh dihadiri penonton.

Red: Israr Itah
Mantan pesepakbola Timnas Jerman Mesut Ozil saat memberikan coaching clinic di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, beberapa waktu lalu. SUGBK dapat digunakan sebagai markas timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mantan pesepakbola Timnas Jerman Mesut Ozil saat memberikan coaching clinic di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, beberapa waktu lalu. SUGBK dapat digunakan sebagai markas timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, tim nasional Indonesia diizinkan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Piala AFF 2022.

"Kami sudah melapor ke Pak Menteri (Menpora Zainudin Amali-red) dan terima kasih kami sudah diizinkan menggunakan SUGBK," ujar Yunus di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (28/22/2022).

Baca Juga

Dia melanjutkan, timnas Indonesia dapat berkandang di SUGBK saat melawan Kamboja, 23 Desember 2022, dan Thailand, 29 Desember 2022 di Grup A. Kemudian, skuad berjuluk Garuda juga dapat memakai SUGBK jika lolos ke babak semifinal dan final.

Meski demikian, Yunus belum dapat memastikan apakah nantinya pertandingan-pertandingan timnas Indonesia di SUGBK dapat dilaksanakan dengan penonton di stadion. Hal tersebut, dia melanjutkan, akan dipastikan dalam rapat koordinasi keamanan dengan Polri, Selasa (29/11/2022).

Pertemuan itu juga membahas soal keamanan dan keselamatan stadion pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023, yang dihentikan sementara setelah terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tragedi itu menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

"Besok, sekalian dibahas apakah di Piala AFF ada penonton atau tidak, lalu tentang jumlahnya. Mari menunggu hasil besok," kata Yunus Nusi.

Di Piala AFF 2022, yang bergulir pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023, timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Tak seperti edisi sebelumnya yang dilaksanakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang. Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

Timnas Indonesia, yang dilatih juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong, menjalani laga kandang saat berhadapan dengan Kamboja, 23 Desember 2022, dan Thailand, 29 Desember 2022.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad berjuluk Garuda.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement