Selasa 29 Nov 2022 00:05 WIB

Ketum PSSI Pastikan Skuad Garuda yang Jalani TC di Bali Belum Lengkap

Pemusatan latihan timnas berlangsung di training ground Bali United, Gianyar, Bali.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional senior Indonesia memulai pemusatan latihan (TC) di Bali pada Senin (28/11/2022). TC ini bagian dari persiapan menuju Piala AFF 2022. Turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut berlangsung dari 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan situasi terkini. Menurutnya, skuad Garuda belum sepenuhnya lengkap. Ada beberapa yang akan menyusul.

Baca Juga

"Masih ada (yang belum bergabung). Kita tunggu ya. Yang jelas masih ada space waktu dan sore ini mereka sudah mulai latihan di Bali," kata pria berusia 60 tahun itu, saat ditemui di Kantor Kementerian Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Pemusatan latihan timnas berlangsung di training ground Bali United, Gianyar, Bali. Sebanyak 20 penggawa Garuda sudah bergabung. Beberapa di antaranya ada Nadeo Arga Winata, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Rachmad Irianto, Ricky Kambuaya, serta Saddil Ramdani.

Indonesia tergabung di Grup A. Asnawi dan rekan-rekan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, serta Brunei Darusslam. Ajang ini menggunakan sitem kandang dan tandang. 

"Untuk Piala AFF, partai home tanggal 23 (Desember 2022) melawan Kamboja, dan tanggal 29 (Desember 2022) melawan Thailand, kami rencanakan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kami tentu berharap timnas diizinkan bermain di sana," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Pihaknya lantas melapor ke Menpora Zainudin Amali. Kebetulan mereka baru saja melakukan rapat koordinasi di kantor Kemenpora. Timnas mendapatkan izin memakai SU GBK.

"Kalau masuk semifinal dan final, akan kami gunakan lagi," ujar Yunus.

Elkan Baggott belum pasti bergabung dengan rekan-rekannya. Saat ini, sang bek memperkuat Gillingham. Menurut Yunus, pihaknya sudah mengirim surat ke klub divisi empat di Liga Inggris itu.

"Kami sudah menyampaikan ke klubnya untuk main di Piala AFF, sampai sekarang belum dijawab. Sampai sekarang belum ada kepastian," tutur Yunus.

Piala AFF di Indonesia digelar dengan atau tanpa penonton baru akan diputuskan dalam rapat koordinasi lanjutan bersama Polri pada Selasa (29/11/2022) siang.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement