Capaian PAD Sektor Pariwisata di Magetan Tahun 2022 Penuhi Target

Red: Muhammad Fakhruddin

Capaian PAD Sektor Pariwisata di Magetan Tahun 2022 Penuhi Target (ilustrasi).
Capaian PAD Sektor Pariwisata di Magetan Tahun 2022 Penuhi Target (ilustrasi). | Foto: Antara/Siswowidodo

REPUBLIKA.CO.ID,MAGETAN -- Capaian pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada tahun 2022 tercatat telah mencapai target.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Joko Trihono mengatakan PAD pariwisata Magetan untuk tahun 2022 ditargetkan sebesar Rp15,3 miliar.

"Pada akhir tahun ini (2022) target PAD wisata Magetan mencapai sekitar Rp15,3 miliar. Jumlah itu sudah tercapai di akhir November," ujar Joko Trihono di Magetan, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, tercapainya target tersebut selain adanya berbagai macam destinasi wisata di Magetan, juga didukung oleh banyaknya agenda wisata yang dilaksanakan.

Baca Juga

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Magetan mengagendakan sebanyak 174 kegiatan budaya dan pariwisata dalam Calendar of Event (CoE) di sepanjang tahun 2022 dan jadwalnya sudah diluncurkan ke publik.

Adapun, CoE 2022 dengan segala agendanya merupakan salah satu program strategis Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Magetan.

Sejumlah agenda tersebut di antaranya, kirab pusaka, Onthel Budaya, Labuhan Sarangan, Nasional Paralayang XC, Ledhug Suro, Kirab Nayakapraja, dan masih banyak lagi.

Sedangkan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Magetan antara lain Telaga Sarangan yang menjadi andalan. Selain itu juga ada tempat wisata Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Ngadiloyo, Telaga Wahyu, Kebun Bunga Refugia, Magetan Park, Randugede Hidden Paradise, Mojosemi Forest Park, Taman Geni Langit, Lawu Green Forest, Parang Hill, Taman Desa Wisata Jabung, Mbah Djoe Resort, Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo, serta Tirto Gumarang.

Tempat-tempat wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan sehingga mendongkrak PAD Kabupaten Magetan. Adapun puncak kunjungan atau "peak season" kunjungan wisatawan di Magetan terjadi saat libur Lebaran, libur sekolah, libur Natal dan tahun baru.

Pihaknya optimistis jumlah capaian PAD tersebut masih terus bertambah seiring dengan tingginya kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Alokasi Besaran APBD 2023 Kota Malang Rp 2,81 Triliun

Tanda Kolesterol Tinggi yang Terasa di Kaki Ketika Berjalan

Warna Kaki Berubah, Hati-Hati Tanda Kolesterol Tinggi

BUMD di Jatim Diminta Optimalkan Peran dalam Peningkatan PAD

Genjot PAD, Pemkot Sukabumi Gencarkan Operasi Tertib Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark