Rabu , 30 Nov 2022, 04:35 WIB

Livescore: Amerika Serikat Temani Inggris ke Babak 16 Besar

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Endro Yuwanto
Penyerang timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic.
Foto EPA-EFE/Neil Hall

Penyerang timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic.

Timnas AS akan berhadapan dengan peringkat pertama Grup A yakni Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Amerika Serikat (AS) menemani Inggris untuk lolos dari Grup B Piala Dunia 2022. Kepastian the Yanks lolos ke fase 16 besar setelah mengalahkan timnas Iran dengan skor tipis 1-0 pada matchday ketiga di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung sengit sejak menit awal, mengingat siapapun tim yang dapat memenangkan laga dipastikan bakal terbang ke babak sistem gugur.

Baca Juga

Namun tim Negeri Paman Sam keluar sebagai pemenang melalui gol semata wayang gelandang tengah Christian Pulisic menit ke-38. Amerika Serikat mengakhiri perjalanan Grup B sebagai runner-up mengantongi nilai lima dari sekali menang dan dua imbang. Adapun Iran finis di kursi ketiga mengumpulkan angka tiga.

The Stars and Stripes, julukan AS, tampil dominan sepanjang babak pertama. Peluang awal terjadi pada menit ke-11 lewat sundulan Christian Pulisic. Pemain milik Chelsea naik ke area pertahanan lawan dan menanduk umpan silang tepat ke tengah gawang. Sialnya, sundulannya masih lemah dan mampu ditangkap kiper Iran Alireza Beiranvand.

Iran merespons beberapa peluang Amerika Serikat dengan serangan balik. Tepat pada menit ke-31, Ahmad Noorollahi melakukan solo run. Akan tetapi, dia gagal menciptakan peluang karena pemain lawan menghalanginya. Setelah itu, kedua tim masih berupaya untuk mencari gol pembuka.

Upaya the Yanks membuahkan hasil manis pada menit ke-38. Amerika Serikat mampu membuka keran gol lewat Christian Pulisic. Berawal dari umpan silang ke kotak penalti disundul oleh Sergino Dest, dan bola diumpan ke Pulisic yang langsung melakukan sontekan manis. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan AS.

Setelah kebobolan, Iran meningkatkan intensitas permainannya. Namun, tim asuhan Carlos Queiroz masih mengalami kebuntuan. Sementara itu, AS sempat mencetak gol keduanya. Tetapi, gol tersebut dianulir lantaran terjebak offside. Alhasil, skor 1-0 untuk Amerika Serikat bertahan hingga turun minum.

Pertandingan dilanjutkan kembali. Iran gagal melepas satu pun tembakan ke gawang di babak pertama. Mereka harus meningkatkan tempo di babak kedua.

Iran tampak bermain lebih terbuka. Hingga menit ke-60, Taremi jadi pemain Iran yang paling sibuk di lini serang. Sayangnya, belum ada peluang matang untuk Iran.

Tempo pertandingan meninggi. Iran terus coba menggempur. Pasukan Carlos Queiroz hanya membutuhkan hasil imbang untuk merebut tiket ke babak 16 besar. Tekanan ada di Amerika Serikat.

Serangan-serangan Iran terlalu mudah ditebak. Bola lebih sering berputar di lini tengah. Memasuki menit ke-80, baru ada satu tembakan tepat sasaran di babak kedua.

Sepuluh menit akhir, Iran terus mencoba melawan, tapi Amerika Serikat enguasai bola untuk mempertahankan keunggulan. Tidak ada gol tambahan. Skor 1-0 untuk kemenangan Amerika Serikat.

Pada babak 16 besar nantinya timnas AS akan berhadapan dengan peringkat pertama Grup A yakni timnas Belanda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas amerika serikat timnas as timnas iran vs amerika serikat iran vs as timnas as ke babak 16 besar hasil as vs iran pulisic gol pulisic piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar
Berita Terpopuler
Bintang Laga
Ekonomi Syariah (ilustrasi)

Tahun 2023, Tahun Akselerasi Ekonomi Syariah

Kamis , 12 Jan 2023, 18:03 WIB
Histori

RSPI Sulianti Sebut Kondisi Dua WNI Positif Corona, Baik

Rabu , 04 Mar 2020, 15:50 WIB

Pencarian Korban Tertimbun Longsor Tasik Masih Dilakukan

Rabu , 04 Mar 2020, 15:49 WIB
Berita Lainnya