Rabu 30 Nov 2022 21:46 WIB

Wapres Salurkan 600 Paket Sembako Baznas Bagi Rumah Ibadah di Papua

Wapres mengapresiasi kegiatan Desember Berbagi yang diselenggarakan Baznas Papua

Red: Christiyaningsih
Wapres mengapresiasi kegiatan Desember Berbagi yang diselenggarakan Baznas Papua.
Foto: Baznas
Wapres mengapresiasi kegiatan Desember Berbagi yang diselenggarakan Baznas Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Wakil Presiden Indonesia Ma`ruf Amin menyalurkan 600 paket sembako dan uang tunai melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Papua bagi tujuh rumah ibadah di kota dan Kabupaten Jayapura. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan Wapres Ma`ruf di Gedung Keuangan Negara Provinsi Papua, Selasa (29/22/2022).

Turut hadir Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan serta Ketua Baznas Provinsi Papua Merza Edy Nadzari. Dalam kesempatan itu Wapres Ma`ruf menyampaikan apresiasi atas kegiatan Desember Berbagi yang diselenggarakan oleh Baznas Provinsi Papua.  

Baca Juga

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP) yang kurang mampu, serta dapat meringankan beban masyarakat yang ada di Papua," ujarnya. 

Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan MA menyampaikan keberadaan Baznas Provinsi Papua dapat dirasakan manfaatnya bukan hanya bagi umat muslim saja, tetapi untuk seluruh komponen bangsa yang ada di Provinsi Papua. Hari ini khususnya, Baznas hadir untuk Orang Asli Papua (OAP) muslim dan non-muslim.

"Bantuan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua. Sehingga kami harapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Papua dalam memenuhi kebutuhan dasarnya," jelas Saidah. 

Ketua Baznas Provinsi Papua Merza Edy Nadzari menjelaskan bantuan Desember Berbagi ini untuk Orang Asli Papua (OAP) merupakan pemberian bantuan rutin. Pada Desember biasanya kebutuhan akan meningkat sehingga dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat. 

Menurut Merza, ini merupakan program rutin tahunan Baznas yang bertujuan menyampaikan bahwa Islam itu rahmat untuk semua. Selain kota dan Kabupaten Jayapura, Baznas Papua juga akan membagikan bantuan sembako dan uang tunai ke Papua Selatan, Merauke, Papua Tengah, Timika, dan Biak.

Merza berharap ke depan pemerintah dapat lebih memahami tugas Baznas. Dengan begitu akan semakin banyak program-program pemerintah baik pusat dan daerah dalam pengentasan kemiskinan khususnya di Provinsi Papua.

"Kami sebagai Lembaga Pemerintah Non Struktural (LPNS) membantu pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan khususnya di Papua," pungkasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَاَنْتُمْ حُرُمٌ ۗوَمَنْ قَتَلَهٗ مِنْكُمْ مُّتَعَمِّدًا فَجَزَۤاءٌ مِّثْلُ مَا قَتَلَ مِنَ النَّعَمِ يَحْكُمُ بِهٖ ذَوَا عَدْلٍ مِّنْكُمْ هَدْيًاۢ بٰلِغَ الْكَعْبَةِ اَوْ كَفَّارَةٌ طَعَامُ مَسٰكِيْنَ اَوْ عَدْلُ ذٰلِكَ صِيَامًا لِّيَذُوْقَ وَبَالَ اَمْرِهٖ ۗعَفَا اللّٰهُ عَمَّا سَلَفَ ۗوَمَنْ عَادَ فَيَنْتَقِمُ اللّٰهُ مِنْهُ ۗوَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu membunuh hewan buruan, ketika kamu sedang ihram (haji atau umrah). Barangsiapa di antara kamu membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti dengan hewan ternak yang sepadan dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil di antara kamu sebagai hadyu yang dibawa ke Ka‘bah, atau kafarat (membayar tebusan dengan) memberi makan kepada orang-orang miskin, atau berpuasa, seimbang dengan makanan yang dikeluarkan itu, agar dia merasakan akibat buruk dari perbuatannya. Allah telah memaafkan apa yang telah lalu. Dan barangsiapa kembali mengerjakannya, niscaya Allah akan menyiksanya. Dan Allah Mahaperkasa, memiliki (kekuasaan untuk) menyiksa.

(QS. Al-Ma'idah ayat 95)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement