Kamis 01 Dec 2022 08:16 WIB

PJ Bupati Muba Raih Anugerah Satyalancana AMKY ke-57

Apriyadi selama ini sangat peduli terhadap Karang Taruna serta memberikan karya bakti.

Red: Gita Amanda
...
Foto: Pemkab Musi Banyuasin
PJ Bupati Muba Apriyadi meraih penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha (AMKY) Tahun 2022 dari Pengurus Nasional Karang Taruna.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pengurus Nasional Karang Taruna memberikan penghargaan ke Kepala Daerah yang peduli terhadap organisasi sosial kepemudaan dalam rangkaian Puncak Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional (BBKTN) Tahun 2022 di Balai Kota Surakarta Jawa Tengah, Rabu (30/11/2022) malam.

Tercatat, ada sebanyak 57 Kepala Daerah di Indonesia yakni diantaranya Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha (AMKY) Tahun 2022, dan salah satunya diterima Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud.

Baca Juga

"Kami menilai pengabdian Pj Bupati selama ini sangat peduli terhadap Karang Taruna serta memberikan karya bakti, pengabdian sosial bersama-sama Karang Taruna, tentu ini harus diapresiasi dan sangat layak mendapatkan Satyalancana AMKY," ungkap Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Dr Didik, Mukrianto SH MH.

photo
PJ Bupati Muba Apriyadi meraih penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha (AMKY) Tahun 2022 dari Pengurus Nasional Karang Taruna. - (Pemkab Musi Banyuasin)

Anggota Komisi III DPR RI ini juga menambahkan, Karang Taruna adalah organisasi sosial kepemudaan yang independen, lahir pada 26 September atau 62 tahun silam dari oleh dan untuk masyarakat. Lahirnya Karang Taruna dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan keterpanggilan sosial.

“Karena banyaknya anak yatim piatu yang putus sekolah, dan banyaknya generasi muda yang menyandang permasalah sosial. Harapan saya, anggota Karang Taruna terus menjadi moral force, social control dan agen perubahan yang baik untuk bangsa ini," ujarnya dalam siaran pers.

Direktur Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Arif Nahari, menilai saat ini peran Karang Taruna berada di garda terdepan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak langsung ke masyarakat.

"Saya berkeyakinan Kepala Daerah dan Tokoh Masyarakat yang mendapatkan Satyalancana AMKY tahun 2022 kali ini telah melakukan program program dan kegiatan sosial yang tentunya memberikan dampak positif ke masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba H. Apriyadi Mahmud menyebutkan penghargaan Satyalancana AMKY yang disematkan kepada dirinya tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat Muba serta keagresifan pengurus Karang Taruna Muba dalam menjalankan program-program sosial.

"Terima kasih atas penghargaan ini, saya mengajak kepada seluruh lapisan dan elemen masyarakat Muba, tidak hanya Karang Taruna untuk bersama-sama bergandengan tangan memberikan dampak positif untuk kemajuan Muba dan kesejahteraan masyarakat," ujar Mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu.

Ia berharap, Karang Taruna di Muba khususnya terus pro aktif untuk menjalankan kegiatan sosial dan bersinergi bersama Pemerintah untuk menginventarisir kebutuhan masyarakat Muba. "Semoga program program Pemkab Muba bersama Karang Taruna memberikan banyak manfaat positif untuk kebutuhan masyarakat di Muba," tandasnya.

Dalam kesempatan menghadiri rangkaian Puncak Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat

Nasional (BBKTN) Tahun 2022, Pj Bupati Apriyadi Mahmud turut didampingi Ketua Karang Taruna Sumsel Yudha Novanza Utama dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Muba Akhmad Toyibir SSTP MM.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Sekda Jawa Timur Adhy Karyono.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement