Jumat 02 Dec 2022 12:58 WIB

Ketum PAN: Cawapres Paling Nyantol Itu Erick Thohir

Ketum PAN mengatakan, Ganjar-Erick menjadi favorit bagi seluruh kader di Tanah Air..

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ratna Puspita
...
Foto: Istimewa
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi pasangan yang paling banyak diusulkan kader PAN di seluruh Indonesia. Terbaru, Zulhas mengatakan, dukungan ini datang dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah (Jateng) yang mendorong pasangan Ganjar-Erick maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tadi Pak Ganjar (diusulkan) diusung capres kepada DPP PAN. Cawapresnya Pak Erick yang sudah sehari-hari sama saya, paling nyantol," ujar Zulhas usai menghadiri launching bacalon oleh DPW PAN Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga

Zulhas menyampaikan pasangan Ganjar-Erick menjadi favorit bagi seluruh kader PAN di Tanah Air. Ia menyebut dukungan serupa juga telah disampaikan sejumlah DPW PAN lainnya.

"Memang hampir semua wilayah begitu suaranya," ucap Zulhas.

Zulhas mengatakan, akan menindaklanjuti usulan DPW untuk dibahas di tingkat DPP PAN. Zulhas menyampaikan PAN juga akan membawa nama Ganjar-Erick dalam pertemuan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan Golkar. 

"Mekanismenya nanti DPP yang akan memutuskan pada saatnya dan juga dalam KIB, nanti berunding dengan KIB," kata Zulhas.

Erick Thohir yang hadir bersama Ganjar Pranowo mengaku memiliki kesamaan visi dan misi dengan PAN. Kendati demikian, Erick ingin fokus terlebih dahulu dalam menunaikan amanah yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait tugasnya sebagai Menteri BUMN.

"Tadi Pak Zul sudah sampaikan bahwa hatinya sudah sama, tapi kan proses politiknya harus dijalani," kata Erick.

Pasangan Ganjar-Erick disebut memiliki kans besar untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Dalam survei Indikator Politik Indonesia bertajuk "Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi", elektabilitas Erick terus mengalami peningkatan dan memiliki dampak besar dalam mendongkrak pasangannya. 

Hal ini tak lepas dari rekam jejak dan kinerja Erick yang dinilai berhasil mengubah wajah BUMN menjadi lebih sehat dan profesional. Kedekatan Erick dan Ganjar kian intens dalam beberapa waktu terakhir. 

Keduanya tampak kompak menghadiri sejumlah acara seperti peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Surakarta pada bulan lalu. "Alhamdulillah Jumat berkah bersama Pak Zulhas dan Pak Ganjar," ujar Erick saat menghadiri launching bacalon presiden oleh DPW PAN Jawa Tengah.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia, Erick dianggap figur yang paling tepat mendampingi Ganjar Pranowo. "Erick punya kecocokan dengan Ganjar dan hampir memiliki kesamaan basis pemilih. Maka lumrah kalau elektabilitas keduanya bagus saat simulasi survei. Basisnya Ganjar mirip dengan Erick. Wajar ada yang menginginkan Erick jadi pendampingnya Ganjar," Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi di Jakarta pada Kamis (1/2/2022).

Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda menyebut pasangan Ganjar-Erick menjadi prioritas utama bagi PAN. Hanta menilai popularitas dan elektabilitas pasangan ini terus mengalami peningkatan. 

Hanta mengatakan, aspek kedekatan Erick dengan figur penting di PAN seperti Ketum PAN Zulkifli Hasan juga menjadi nilai tambah tersendiri. "Dengan data dan kedekatan yang sudah disiapkan PAN, tentu ada nama-nama lain yang akan sangat dinamis di politik ini, tapi arahnya dua nama itu, nama yang jadi prioritas utama di PAN," kata Hanta. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement