Jumat 02 Dec 2022 21:27 WIB

Perbasi Persiapkan Timnas Basket 3x3 Putra untuk SEA Games 2023 Kamboja

Saat ini, kekuatan timnas 3x3 Indonesia sedang disusun.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas 3x3 Indonesia, Raoul Miguel Hadinoto atau yang karib disapa Ebos.
Foto: Instagram
Pelatih timnas 3x3 Indonesia, Raoul Miguel Hadinoto atau yang karib disapa Ebos.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi bergerak cepat mempersiapkan timnas basket 3x3 putra untuk diterjunkan di SEA Games XXXII/2023 Kamboja. Federasi bola basket Indonesia itu menyiapkannya dengan komposisi baru.

Pelatih timnas 3x3 yang sebelumnya diisi Ali Budimansyah, sekarang dipercayakan kepada Raoul Miguel Hadinoto atau yang karib disapa Ebos. Kemudian posisi General Manager ditempati James Winson. Sedangkan Cesar Wilhelem didapuk sebagai asisten manajer tim.

Baca Juga

"Dengan penyegaran ini diharapkan timnas 3x3 putra bisa semakin berprestasi khususnya di ajang multievent seperti SEA Games 2023 mendatang," ujar Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Jumat (2/12/2022).

Sebagai general manager, James merasa tertantang mengangkat prestasi timnas 3x3. Ini setelah pada gelaran SEA Games 2021 Hanoi lalu, hanya timnas 3x3 putra yang nirmedali. Padahal, pada SEA Games Manila 2019, tim itu sukses membawa pulang medali perak.

James percaya bisa melakukan itu karena sebelumnya pernah mencicipi juara di ajang 3x3. Pada 2013, ia mengantarkan tim 3x3 juara pada FIBA 3x3 2013 di Jepang. Saat itu, tim Indonesia juara usai mengalahkan tim-tim terkuat yang mewakili Rusia, Lebanon, Selandia Baru, Cina, Taiwan, dan tuan rumah Jepang.

"Kami pernah juara bersama tim 3x3 di Jepang pada 2013. Semoga kesuksesan itu bisa menular di SEA Games Kamboja nanti. Kami yakin bisa memberikan yang terbaik di SEA Games Kamboja nanti setelah pada edisi 2021 lalu tidak mendapatkan medali," jelas James.

Saat ini, kekuatan timnas 3x3 sedang disusun. Di bawah asuhan Coach Raoul "Ebos" Miguel Hadinoto, timnas melakukan seleksi selama dua hari di Playfield Court Palmerah Jakarta Barat pada 1 dan 2 Desember 2022.

Sebanyak 13 pemain hadir dari 15 nama yang masuk daftar panggil. "Persiapan kita bersamaan dengan timnas 5 on 5. Salah satu pemain yang tidak bisa hadir, latihan bersama timnas 5 on 5 dan satu lagi masih bersama timnya di luar negeri. Jadi kita fokus dulu dengan pemain yang ada," kata asisten manajer timnas 3x3 Cesar Wilhelem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement