Sabtu 03 Dec 2022 06:39 WIB

Ceramah di Masjid Agung Biak Papua, Wapres: Jangan Rusak Kebhinekaan 

Wapres Maruf Amin mengajak Muslim di Papua menjaga kebhinekaan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin usai menerima berbagai aspirasi dari para tokoh adat Papua Barat di Kaimana, Kamis (1/12/2022).
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin usai menerima berbagai aspirasi dari para tokoh adat Papua Barat di Kaimana, Kamis (1/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak umat Muslim di Biak Numfor untuk merawat kebhinekaan di Tanah Papua. Salah satunya, kata Ma'ruf dengan menjaga hubungan antaragama.  

"Takwa kita tidak boleh merusak hubungan kita sesama warga masyarakat, jangan merusak kebhinekaan,” kata Ma’ruf dalam tausiahnya usai melaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Baiturahman, Jalan A Yani, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Jumat (2/12/2022). 

Baca Juga

Ma'ruf menyampaikan, salah satu cara merawat kebhinekaan adalah dengan menunjukkan sikap yang santun kepada sesama. 

“Lebih bagus lagi kalau kita itu dengan hal yang menunjukkan bahwa kita itu Muslim yang baik. Muslim yang baik itu Muslim yang kasih sayang. Islam itu adalah kasih sayang,” katanya. 

“Islam itu adalah kasih sayang. Tidak membenci, tidak memusuhi kepada siapapun. Walau berbeda agama, tidak kita memusuhi umat lain,” tambahnya. 

Di sisi lain, Ma'ruf juga menekankan pentingnya memakmurkan bumi sebagai rasa syukur manusia atas karunia Allah SWT. 

Sebab, di dalam ajaran Islam, memakmurkan bumi merupakan perintah yang tertulis di dalam Alquran. 

“Kita jaga sampai negara ini menjadi negara yang makmur. Kita selama di sini, memperkuat iman, memperbanyak kebaikan, menjalankan iman dan takwa, dengan tidak boleh merusak tanah di lingkungan berbangsa dan bernegara,” katanya. 

Ma'ruf berharap, seluruh wilayah di tanah Papua dapat semakin maju dan sejahtera, dengan ditopang keharmonisan masyarakatnya yang berbeda-beda tetapi tetap satu. 

“Mudah-mudahan pertemuan kita ini membawa keberkahan bagi kita semua, kepada bangsa, kepada negara, supaya kita menjadikan Indonesia sebagai negara makmur yang sejahtera, yang maju, dan juga mempercepat pembangunan di Papua supaya menjadi sejahtera, maju, damai, dan aman,” katanya. 

Usai memberikan tausiahnya di Masjid Agung Baiturahman, Ma'ruf juga berkesempatan untuk menyerahkan bantuan Baznas secara simbolik kepada beberapa penerima manfaat. 

Adapun bantuan yang diberikan antara lain BAZNAS Microfinance Masjid sebesar Rp100 juta untuk dikelola Masjid Baiturahman Biak Numfor, diserahkan secara simbolis kepada Ketua DKM,  H Andi Firman Madjadi, dan Desember Berbagi Baznas 2022 kepada 600 penerima manfaat Orang Asli Papua, yang secara simbolis diserahkan kepada Fredika Wabiser, Oktovina Arwam, dan Siti Amina Wanma.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement