Sabtu 03 Dec 2022 10:50 WIB

Cara Memblokir Nomor Telepon di Android

Pixel dan Samsung memiliki cara untuk menangani telepon spam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Spam telepon.  ilustrasi
Foto: ABC News
Spam telepon. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya kita ingin memblokir nomor seseorang karena aalasan tertentu. Mungkin, ada orang iseng yang berulang-ulang menelepon Anda. Anda tetap dapat memblokir nama tersebut dengan cepat dan mudah.

Dilansir dari The Verge, Jumat (2/12/2022), jika anda mendapat telepom tetapi tidak yakin apakah Anda ingin menerimanya, ponsel Pixel dan Samsung memiliki cara untuk menangani telepon ini.

Baca Juga

Pixel

Jika seseorang menelepon dari nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda tetapi bukan nomor spam yang dikenal, Anda biasanya akan mendapatkan pop-up yang memberi Anda pilihan untuk menolak, menyaring, atau menjawab panggilan. Jika Anda menolak panggilan, panggilan akan dikirim ke pesan suara.

Jika Anda menyaring panggilan, Anda akan dapat melihat apa yang dikatakan penelepon sebagai teks di layar Anda. Anda kemudian dapat menerima panggilan, menolaknya, atau mengirim pesan otomatis. Jika Anda ingin memblokir panggilan, Anda dapat melakukannya setelah menutup telepon.

Samsung

Samsung menawarkan identifikasi spam dasar di aplikasi ponselnya, yang disebut Smart Call. Untuk menyalakannya, buka aplikasi telepon, ketuk tiga titik di kanan atas layar, ketuk Settings > Caller ID and spam protection. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dan juga mengaktifkan pemblokiran panggilan spam dan spam untuk penelepon yang tidak ada di dalam kontak Anda.

Ada dua opsi: blokir semua panggilan spam dan penipuan atau hanya panggilan spam berisiko tinggi. Samsung menggunakan layanan bernama Hiya untuk fitur ini, dan Anda harus menyetujui persyaratannya untuk menggunakannya.

Samsung belum menawarkan fitur penyaringan panggilan, tetapi mungkin akan segera hadir. Bixby Text Call sekarang tersedia dengan One UI 5 di beberapa wilayah tetapi hanya berfungsi dalam bahasa Korea. Fitur ini bekerja mirip dengan Google, yaitu itu menyalin apa yang dikatakan penelepon dan memungkinkan Anda untuk menjawab melalui text-to-voice juga. Samsung mengatakan bahwa versi bahasa Inggris direncanakan untuk awal 2023.

Memblokir panggilan

Jika Anda ingin memblokir panggilan setelah menutup telepon, berikut cara melakukannya.

Pixel

Buka aplikasi Telepon (Phone) atau aplikasi Kontak (Contact). Lakukan pencarian untuk orang yang ingin Anda blokir. (Jika itu adalah panggilan baru-baru ini dari orang asing, Anda dapat menemukannya di bawah tab Terbaru (Recents) di aplikasi Telepon Anda.) Saat Anda berada di halaman orang itu, tekan lama nomor teleponnya.

Jika Anda menggunakan aplikasi Kontak, pilih Blokir (Block)/laporkan spam. Bagaimanapun juga, Anda akan diperingatkan bahwa Anda tidak akan lagi menerima panggilan atau teks dari nomor itu. Jika mau, centang kotak untuk melaporkannya sebagai spam. Saat Anda siap, pilih Blokir.

Samsung

Prosesnya sangat mirip pada ponsel Samsung. Buka aplikasi Telepon atau aplikasi Kontak Anda. Lakukan pencarian untuk orang yang ingin Anda blokir. (Jika itu adalah panggilan baru-baru ini dari orang asing, Anda dapat menemukannya di bawah tab Terbaru di aplikasi Telepon Anda.)

Dari tab Kontak di aplikasi Telepon, atau di aplikasi Kontak itu sendiri, tekan lama nomor telepon dan ketuk Blokir nomor. Di tab Terbaru di aplikasi Telepon Anda, ketuk nomornya, lalu ketuk ikon informasi untuk meluaskan entri. Anda akan melihat opsi terpisah di bagian bawah layar untuk memblokir dan melaporkan nomor tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement