Sabtu 03 Dec 2022 13:48 WIB

1.000 Buaya Direlokasi di India

Buaya dipindahkan karena kepadatan sehingga menyebabkan perkelahian

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Pusat penangkaran buaya India sedang dalam proses pemindahan 1.000 buaya ke kebun binatang yang jauhnya sekitar 1.931 kilometer.
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Pusat penangkaran buaya India sedang dalam proses pemindahan 1.000 buaya ke kebun binatang yang jauhnya sekitar 1.931 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Pusat penangkaran buaya India sedang dalam proses pemindahan 1.000 buaya ke kebun binatang yang jauhnya sekitar 1.931 kilometer. Kebun binatang itu dikabarkan milik miliarder India, Mukesh Ambani.

Tahun lalu regulator kebun binatang India menyetujui pemindahan buaya dari Madras Crocodile Bank Trust di negara bagian selatan Tamil Nadu ke Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Zoologi Greens di negara bagian barat Gujarat. Sekitar 300 buaya telah dipindahkan ke Gujarat sejauh ini.

Pejabat dari pusat penangkaran seluas 8,5 hektare mengatakan, buaya dipindahkan karena kepadatan di habitat asli mereka sehingga menyebabkan perkelahian. "Karena kelebihan populasi, ratusan telur buaya dimusnahkan setiap tahun," kata Nikhil Whitaker, kurator pusat tersebut seperti dikutip laman BBC, Sabtu (3/12/2022). "Keputusan untuk memindahkan buaya diambil untuk memberi mereka ruang hidup yang lebih baik," ujarnya menambahkan.

Selama bertahun-tahun, penangkaran telah mengirim buaya ke kawasan lindung dan kebun binatang di seluruh India. Namun, ini adalah pertama kalinya angka besar buaya dipindahkan.