Ahad 04 Dec 2022 18:00 WIB

Film Farha Produksi Netflix, Dipuji Rakyat Palestina Tapi Dibenci Zionis Israel

Film Farha Netflix kisahkan tentang tragedi Nakbah 1948 Palestina

Rep: Alkhaledi Kurnialam, Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Palestina memperingati Hari Nakbah
Foto: AP
Palestina memperingati Hari Nakbah

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH– Warga Palestina di seluruh dunia memuji film Netflix baru 'Farha' karena penggambaran trauma 'memilukan' yang dialami selama tragedi Nakbah 1948. Film ini mulai ditayangkan di platform streaming pada Kamis (1/12/2022).

Farha didasarkan pada kisah nyata seorang wanita yang selamat dari Nakbah. Ini adalah tragedi di mana ratusan ribu warga Palestina diusir dari rumah mereka oleh milisi Zionis untuk mendirikan negara Israel.

Baca Juga

Beberapa orang menyebut film tersebut hanya memberikan gambaran sekilas tentang kehancuran besar-besaran yang disebabkan Nakbah, periode di mana milisi menggunakan pembunuhan, pemerkosaan, dan ancaman pembunuhan terhadap warga Palestina.

"Farha, sepedih kisah nyata yang menjadi dasar film ini, bahkan tidak bisa menggambarkan rasa sakit dan kehancuran penuh yang disebabkan oleh tahun 1948 yang terus kita jalani hari ini," tulis aktivis Rawan dilansir dari The New Arab, Sabtu (3/12/2022).

"Kami menonton Farha di Netflix dengan orang tua saya dan itu menyakitkan. Seperti terluka secara fisik. Ibuku memberi tahu kami bagaimana semua ini benar dan lebih buruk dan membayangkan kengerian yang dialami keluarga saya. Saya tidak baik-baik saja," kata Batool, seorang Pengguna Twitter Palestina yang lain.

Produksi dan perilisan film tersebut telah memicu kemarahan di kalangan pejabat Israel. Menteri Kebudayaan Israel, Chili Tropper, mengecam pertunjukan itu karena dianggap 'kebohongan dan pencemaran nama baik.'

Wartawan dan aktivis pro-Palestina menuduh Israel menggunakan bot untuk menurunkan rating film tersebut menjadi satu bintang di database film dan televisi online IMDb. Mereka mendesak para pendukung film tersebut untuk membuka database dan menilainya dengan baik.

“Kami berhak untuk menceritakan dan membagikan cerita kami. Jangan biarkan Israel membungkam Farha!,” kata Ahmed Shihab-Eldin, seorang aktivis dan jurnalis keturunan Palestina.

Beberapa pengguna Twitter mengatakan mereka berharap film tersebut akan menjadi salah satu dari banyak film yang menceritakan kisah orang Palestina dan ketidakadilan yang mereka hadapi.

"Farha adalah satu cerita kecil di antara ribuan cerita yang tak terhitung, mudah-mudahan hanya permulaan dari banyak cerita lainnya yang akan datang. Kami akan terus menceritakan kisah kami," tulis pengguna Twitter Waad.

Efek dari Nakbah dan invasi berikutnya ke wilayah Palestina terus berlanjut hingga hari ini, dengan sekitar 5,7 juta pengungsi Palestina tinggal di Tepi Barat yang diduduki dan mengepung Jalur Gaza, Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Israel terus mengusir paksa warga Palestina dari rumah mereka dan menyetujui pembangunan permukiman ilegal berdasarkan hukum internasional di tanah Palestina.      

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement