Ahad 04 Dec 2022 23:06 WIB

Mesir Perkuat Hubungan dengan Muslim Serbia, Tancapkan Pengaruh di Eropa

Mesir mendukung Serbia untuk membendung gerakan ekstrem dan radikal

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Mesir. Mesir mendukung Serbia untuk membendung gerakan ekstrem dan radikal
Bendera Mesir. Mesir mendukung Serbia untuk membendung gerakan ekstrem dan radikal

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mesir berupaya untuk memperkuat hubungannya dengan Muslim Serbia sebagai bagian dari tencana untuk meningkatkan pengaruhnya di negara Eropa tenggara itu. 

Duta Besar Mesir untuk Serbia, Beograd Bassel Salah, bertemu dengan Mufti Besar Serbia dan kepala komunitas Muslim Syekh Mustafa Yusuf Spahic pada November lalu.

Baca Juga

Dilansir dari Al Monitor, Ahad (4/11/2022), dalam pertemuan tersebut, Salah mengatakan negaranya berencana untuk mengirim utusan agama ke Serbia dan memberikan kesempatan kepada siswa Muslim Serbia untuk belajar di Al Azhar Mesir. 

Dia menambahkan bahwa para pemimpin Islam Serbia akan diundang untuk berpartisipasi dalam konferensi keagamaan Mesir.

Tawaran Mesir terhadap Muslim Serbia datang saat Kairo bekerja untuk melawan pengaruh yang berkembang dari Ikhwanul Muslimin di negara tetangga Kosovo. 

Dalam laporan Mei 2021, Al-Arabiya mengamati bahwa Kosovo dapat menjadi tempat berlindung yang aman dari anggota Ikhwanul Muslimin yang tinggal di Turki menyusul pemulihan hubungan Turki-Mesir baru-baru ini.

Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin, telah memberikan perhatian khusus kepada Kosovo selama krisis selama bertahun-tahun dengan Serbia sebelum menyatakan kemerdekaannya pada 2008. 

Pada Juni 2013, ketika Ikhwan masih berkuasa di Mesir, Kairo mengakui kemerdekaan Kosovo dari Serbia.

Posisi Mesir berubah setelah Presiden Abdel Fattah al-Sisi menjabat dan membekukan pengakuan Kairo atas Kosovo. 

Sisi mulai menunjukkan minat untuk pemulihan hubungan dengan Serbia dan keuntungan ekonominya serta melakukan beberapa langkah lain yang tidak mendukung Kosovo. Pada 2015, Kairo abstain dalam pemungutan suara atas keanggotaan Kosovo di UNESCO.

Selama kunjungan Sisi ke Beograd pada Juli, kedua negara menyepakati kesepakatan bagi Serbia untuk mengekspor gandum ke Mesir sehubungan dengan perang Rusia-Ukraina. Kedua pejabat juga membahas kerja sama di bidang energi dan gas alam.

“Langkah Mesir menuju komunitas Muslim di Serbia diperlukan sehubungan dengan meningkatnya dukungan Mesir ke Serbia dalam krisisnya melawan Kosovo, yang didukung Ikhwanul Muslimin," kata Sameh Eid, seorang peneliti gerakan Islamis.

“Rezim yang berkuasa di Mesir menyadari pengaruh dan kekuatan kelompok Islam, yaitu Ikhwanul Muslimin, di Kosovo," tambahnya.

Eid mengatakan bahwa Ikhwanul Muslimin berusaha meyakinkan publik Arab bahwa Mesir telah meninggalkan umat Islam dan Kairo menanggapi dengan tawaran kepada umat Islam di Serbia.

"Melalui dukungan ini, Mesir juga berusaha untuk meningkatkan kerja sama dengan Serbia untuk [melindungi] minoritas Islam dan mencegah kelompok Islam untuk membangun kehadiran di Serbia dan mengeksploitasi isu-isu Muslim," katanya.

Sebagai catatan, Muslim di Serbia adalah kelompok minoritas di lebih dari 3 persen dari total populasi 7 juta, menurut sensus terakhir yang dilakukan pada 2011.   

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 196)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement