Pasar Ikan Turi Diharapkan Penuhi Kebutuhan Protein Masyarakat Sleman

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memberikan sambutan saat sosialisasi dan kampanye Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri di Padukuhan Klakah, Sendangtirto, Kapanewon Berbah.
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memberikan sambutan saat sosialisasi dan kampanye Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri di Padukuhan Klakah, Sendangtirto, Kapanewon Berbah. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meresmikan Pasar Ikan Mina Bangunkerto di Kawasan Argowisata Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, pada Ahad (4/12/2022). Ia menyebut program inovasi pasar Turi tersebut dapat menjadi fasilitas penunjang bagi para petani ikan dalam memasarkan hasil produksinya dengan harga yang bersaing.

"Adanya pasar ikan ini diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani yang segar dan berkualitas. Pemenuhan kebutuhan pangan bergizi termasuk diantaranya ikan menjadi sebuah keharusan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia," kata Kustini, dalam keterangan tertulisnya, Ahad.

Sementara itu Lurah Bangunkerto, Anas Maruf menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Tani merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Keistimewaan DIY. 

"Melalui Dana Keistimewaan, Kalurahan Bangunkerto melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Salah satunya difokuskan dalam peningkatan UMKM dan Pariwisata dengan menggandeng mitra kerja dalam hal ini Dinas Koperasi DIY," ujarnya. 

Sementara itu, Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho menjelaskan 2022 merupakan tahun Kedua Dana Keistimewaan disalurkan kepada kalurahan. Ia menjelaskan, Dana Keistimewaan yang didapatkan Kalurahan diharapkan dapat difokuskan dalam program atau kegiatan tertentu sehingga bisa lebih optimal dalam realisasinya.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho. Usai melakukan peresmian, Bupati Sleman beserta rombongan juga melakukan peninjauan langsung lokasi budidaya ikan. Kemudian, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelepasan ratusan bibit ikan di di wilayah Argowisata Bangunkerto, Turi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemkab Sleman Dukung Pengelolaan Arsip Go Digital 

Mural di Flyover Janti Sleman Diharap Sampaikan Pesan Positif

Pemkab Sleman Kembali Gelar Safari Jumat

Petani Milenial Jadi Energi Baru Pembangunan Pertanian Sleman

Bupati Sleman Nilai Muhammadiyah Berperan Besar Memajukan Indonesia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark