Khofifah: Akses Jalan Lumajang-Malang Dialihkan ke Probolinggo

Red: Muhammad Fakhruddin

 Sepeda motor warga terlihat tertutup abu vulkanik dari letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, Senin, 5 Desember 2022. Kondisi cuaca yang membaik pada Senin memungkinkan tim penyelamat melanjutkan upaya evakuasi dan mencari kemungkinan korban setelah bencana tertinggi. gunung berapi di pulau terpadat di Indonesia meletus, dipicu oleh hujan monsun.
Sepeda motor warga terlihat tertutup abu vulkanik dari letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, Senin, 5 Desember 2022. Kondisi cuaca yang membaik pada Senin memungkinkan tim penyelamat melanjutkan upaya evakuasi dan mencari kemungkinan korban setelah bencana tertinggi. gunung berapi di pulau terpadat di Indonesia meletus, dipicu oleh hujan monsun. | Foto: AP/Dicky Bisinglasi

REPUBLIKA.CO.ID,LUMAJANG -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan akses jalan dari Kabupaten Lumajang menuju ke Malang atau sebaliknya dialihkan sementara ke Kabupaten Probolinggo akibat erupsi disertai awan panas guguran Gunung Semeru.

"Saya ingin menyampaikan masyarakat Lumajang dan masyarakat Malang termasuk warga di Kecamatan Pronojiwo yang akan ke Lumajang, sementara lewat Probolinggo sampai kondisi aman dan memungkinkan untuk bisa dilewati," kata Khofifah saat meninjau erupsi berupa awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Senin (5/12/2022).

Menurutnya akses jalan menuju ke Kecamatan Pronojiwo melalui jembatan Gladak Perak belum bisa dilewati, sedangkan jembatan Kajar Kuning yang diresmikan tiga bulan lalu ternyata terdapat penumpukan APG yang terjadi pada Ahad (4/12).

"Jembatan Kajar Kuning sebenarnya relatif masih bisa dilewati apabila tumpukan APG dibersihkan karena saya melihat ada sepeda motor lewat sana," tuturnya.

Baca Juga

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan saat ini Pemprov Jatim sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memetakan lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami berkoordinasi dengan Bapak Bupati Lumajang terkait titik-titik mana Pemprov akan turun untuk mendukung dan kami akan memberikan bantuan ke Pronojiwo karena Gladak Perak kondisinya belum memungkinkan untuk dilewati," katanya.

Berdasarkan data BPBD Lumajang menyebutkan bahwa jembatan tersebut rata akibat terjangan banjir material panas dari APG Gunung Semeru, namun sejauh ini tidak ada korban jiwa dari ambrolnya jembatan. Hanya saja, sebagian rumah warga dan persawahan tertutup abu setelah jembatan hancur.

Saat mengunjungi pengungsi di Balai Desa Penanggal, Gubernur Khofifah ikut menyerahkan bantuan korban bencana kepada Bupati Lumajang yakni berupa beras, mie instan, minyak goreng, masker kain anak, masker kain dan masker medis, selimut, kasur lipat, bantal, pakaian, air mineral, sabun detergen, sabun mandi, sarden, gula, dan terpal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PVMBG Nyatakan Aktivitas Gunung Semeru Cenderung Mereda

Bencana Terus Melanda Indonesia, Ketua MUI Sarankan Istighasah Nasional

Erupsi Semeru, Akses Malang-Lumajang Ditutup Sementara

Dampak Erupsi Semeru, Akses Malang-Lumajang Ditutup Sementara

BNPB Tegaskan Erupsi Semeru tak Sebabkan Tsunami

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark