Rabu 07 Dec 2022 13:21 WIB

Lampung Kini Miliki 50 Desa Tangguh Bencana

Desa-desa itu tersebar di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung..

Red: Gilang Akbar Prambadi
...
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung menyebutkan telah terbentuk sebanyak 50 desa tangguh bencana di daerah itu sebagai upaya memberikan edukasi terkait kebencanaan kepada masyarakat.

"Memang ada beberapa program yang langsung menyentuh masyarakat agar lebih memahami tentang antisipasi dan penanganan bencana," ujar Kepala BPBD Provinsi Lampung Rudy Syawal Sugiarto di Bandarlampung, Rabu (7/12/2022). 

Baca Juga

Ia mengatakan program yang dilaksanakan tersebut yaitu melalui pembentukan desa tangguh bencana yang saat ini telah tersebar di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

"Desa tangguh bencana yang telah dibentuk berjumlah 50 desa, dan di sana kita terus lakukan edukasi ke masyarakat agar mereka tangguh dalam menghadapi bencana di wilayahnya," katanya.

Dia melanjutkan bila desa tangguh bencana telah terbentuk maka akan terus direplikasi ke desa-desa lainnya.

"Jadi dalam menghadapi bencana di wilayahnya kalau desa tangguh sudah terbentuk maka akan direplikasi ke desa tetangga. Dan di sini diharapkan desa bisa bergotong-royong meningkatkan kemampuan menghadapi ancaman bencana di Lampung terutama bencana hidrometeorologi," ucap dia.

Menurut dia, dengan adanya desa tangguh bencana diharapkan masyarakat dapat menumbuhkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

"Ini akan meningkatkan kapasitas masyarakat tentang kebencanaan. Maka edukasi dan sosialisasi terkait dengan situasi kondisi iklim serta potensi bencana terus dilakukan," ujar dia.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement