Rabu 07 Dec 2022 13:19 WIB

Pria Swedia Didakwa Berencana Membunuh Politisi Senior

Pengadilan juga memerintahkan terdakwa dibawa ke rumah sakit jiwa..

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
...
Foto: EPA-EFE/Anders Wiklund
Pemimpin partai Tengah Annie Loof berpidato pada jam tangan pemilihan partai di Hotel At Six di Stockholm, Swedia, 11 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Pengadilan Swedia memutuskan seorang pria bersalah atas pembunuhan seorang perempuan dan berencana membunuh politisi senior di sebuah festival pada Juli lalu. Pengadilan juga memerintahkan terdakwa dibawa ke rumah sakit jiwa.

Seorang pria berusia 33 tahun ditangkap di Pulau Gotland, Laut Baltik tidak lama setelah ia menikam seorang psikiater terkenal di alun-alun ramai selama festival politik Swedia, Almedalen Week.

Baca Juga

Pembunuhan itu terjadi dekat Ketua Partai Moderat Swedia Annie Loof menggelar konferensi pers. Pengadilan distrik Gotland mengatakan pembunuh Theodor Engstrom memetakan agenda kegiatan Loof dan berencana membunuhnya.

Pengadilan mengatakan pelaku bersiap melakukan kejahatan terorisme. "Swedia dapat terluka serius bila kejahatan ini terjadi, orang 33 tahun itu mengatakan niatnya memukul balik masyarakat Swedia," kata Hakim Per Sundberg di konferensi pers, Rabu (7/12/2022).

Engstrom mengaku bersalah membunuh psikiater Ing-Marie Wieselgren. Tapi membantah semua dakwaan yang berkaitan dengan Loof. Pemeriksaan menemukan ia mengalami masalah mental parah saat serangan terjadi.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement