Rabu 07 Dec 2022 14:53 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Prodi Perhotelan Ikuti Workshop Table Manner

Table manner adalah agenda rutin Prodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta..

Red: Christiyaningsih
...
Foto: UBSI
Table manner adalah agenda rutin Prodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Program studi (prodi) Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta telah sukses melaksanakan table manner di Hotel Harper Malioboro, Yogyakarta, Rabu (23/11/2022) silam. Ketua Prodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta Emmita Devi Hari Putri menyampaikan table manner merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa semester 1 prodi Perhotelan Universitas BSI.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa tentang jamuan makan formal/tata cara makan formal. Alasannya prodi rutin melaksanakan table manner kepada mahasiswa semester 1, karena prodi menyadari bahwa mahasiswa prodi Perhotelan tidak semuanya berasal dari jurusan pariwisata maupun perhotelan,” tutur Emmita.

Baca Juga

Ia memaparkan Universitas BSI saat ini telah menjalin kerja sama dengan Hotel Harper Malioboro Yogyakarta. Ruang lingkup kerja sama meliputi kegiatan workshop/seminar, penelitian, magang, dan juga tandem dosen. “Table manner ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh prodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta setiap tahunnya karena mengingat pentingnya pengetahuan dan ilmu bagi para mahasiswa dalam memahami perjamuan formal di lingkup dunia perhotelan,” tambahnya.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Olive selaku manajer restoran dan bar sekaligus sebagai narasumber table manner. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Financial Controller Hotel Harper Malioboro Yogyakarta Indra Praswara.

Indra mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas BSI kampus Yogyakarta yang telah mempercayai Hotel Harper Malioboro Yogyakarta untuk melaksanakan acara table manner mahasiswanya. “Kami sangat terbuka untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas BSI khususnya prodi Perhotelan untuk melaksanakan kegiatan On the Job Training (OJT) di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta,” katanya.

Indra menjelaskan berbagai fasilitas yang tersedia di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta. Hotel ini memiliki 131 kamar yang meliputi beberapa jenis kamar seperti Harper Suite, Junior Suite, Deluxe, dan Superior. “Hotel Harper Malioboro Yogyakarta juga dilengkapi dengan satu ballroom yang dapat menampung hingga 438 orang dan lima ruang pertemuan yang nyaman,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan cooking demo yang dipandu oleh Chef Deden Kurniawan selaku assistant chef manager Hotel Harper Malioboro Yogyakarta. Cooking demo yang ditampilkan yaitu menu Chicken Gordon Blue.

Workshop table manner atau tata cara makan formal dipandu oleh Olive. Menu table manner yang dihidangkan mulai dari appetizer, soup, maincourse, dan dessert. 

Setelah workshop table manner selesai, agenda kemudian dilanjutkan demo barista yang dipandu oleh Ivan Santoso. Dalam demo barista, mahasiswa prodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta diperlihatkan cara membuat kopi dan membuat latte art. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement