Rabu 07 Dec 2022 21:35 WIB

Pertemuan Indonesia-Pasifik Hasilkan Bali Messages  

Bali Messages berisi komitmen RI dan negara Pasifik untuk tingkatkan kemitraan.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi di Indonesia Pacific Forum Develompemnt (IPFD) di Bali, Rabu (7/12/2022) .
Foto: Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi di Indonesia Pacific Forum Develompemnt (IPFD) di Bali, Rabu (7/12/2022) .

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG, BALI - Forum Indonesia Pasifik untuk Pembangunan/Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) menghasilkan Bali Message on Development Cooperation in the Pacific. Ini berisi komitmen Indonesia dan negara Pasifik untuk meningkatkan kemitraan.

"Bali Messages meneguhkan komitmen Indonesia untuk mengimplementasikan secara konkret visi Pacific Elevation melalui bantuan teknis dan bantuan pembangunan yang lebih intensif," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi setelah menghadiri IPFD hari pertama, Rabu (7/12/2022).

Pacific elevation adalah konsep yang secara sederhana dapat dimaknai sebagai upaya Indonesia secara berkelanjutan untuk meningkatkan dan semakin mengokohkan persahabatan dan kemitraan dengan berbagai mitranya di kawasan Pasifik. Selama ini, Indonesia melakukan kerja sama pembangunan ke negara-negara Pasifik.

Retno mencatat selama periode 1999-2021 Indonesia telah memberikan 211 bantuan teknis dan pembangunan yang melibatkan sekitar 1.900 peserta dari negara-negara Pasifik. Bantuan tersebut diberikan secara tailor-made, menyesuaikan dengan keperluan negara-negara penerima, sehingga ada ownership dari partner, negara-negara Pasifik.