Kamis 08 Dec 2022 18:08 WIB

Jojo Kalahkan Juara Dunia pada Penyisihan WTF 2022

Rekor pertemuan.Jojo vs Loh menjadi 6-0.

Red: Endro Yuwanto
 Jonatan Christie bertanding melawan Loh Kean Yew dari Singapura pada pertandingan bulu tangkis tunggal putra Grup B di BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand, Kamis, 8 Desember 2022.
Foto: AP/Sakchai Lalit
Jonatan Christie bertanding melawan Loh Kean Yew dari Singapura pada pertandingan bulu tangkis tunggal putra Grup B di BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand, Kamis, 8 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jonatan Christie membukukan satu poin kemenangan pada babak penyisihan BWF World Tour Finals (WTF) 2022. Ini setelah pebulu tangkis Indonesia yang akrab disapa Jojo itu mengalahkan juara dunia 2021 Loh Kean Yew melalui pertandingan partai kedua yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Kamis (8/12/2022).

Kemenangan atas pebulu tangkis asal Singapura itu memperbaiki catatan negatif Jojo ketika dikalahkan rekan senegara Anthony Sinisuka Ginting dalam partai pembuka yang berlangsung satu hari sebelumnya.

Baca Juga

Meski menghadapi lawan yang superior secara peringkat, namun Jojo tampil solid dan sabar sehingga mampu mengakhiri pertandingan dengan ruber game 16-21, 22-20, 21-10.

Pada pertandingan yang menjadi perjumpaan keenam antara Jojo dan Loh, wakil Indonesia itu mampu bangkit setelah tertinggal pada gim pertama.

Pada gim awal, Loh bermain dengan nyaman sehingga mampu mengendalikan ritme pertandingan. Di sisi lain, Jojo masih beradaptasi dan mencari pola terbaik namun sayangnya ia belum bisa menemukan kelemahan lawan hingga gim pertama usai.

Baru pada gim kedua Jojo memberikan perlawanan lewat pertahanan dan pengembalian yang lebih rapat. Jojo yang sebelumnya kesulitan membaca arah pukulan Loh, kini lebih siap sehingga mampu membalas serangan lawannya.

Masuk paruh kedua, Jojo terlibat persaingan sengit untuk mencuri keunggulan. Ia berusaha membayangi Loh dengan selisih poin tipis 15-16, 16-17, hingga 18-20.

Ketika Loh lebih dulu mencapai gim poin, Jojo merangsek naik dengan mendulang empat poin menjadi 22-20. Hasil tersebut memaksa pertandingan berjalan menuju gim ketiga.

Langkah Jojo lebih ringan pada gim ketiga karena Loh tak lagi memiliki daya juang untuk bersaing. Meski lebih dominan, namun Jojo masih melakukan sejumlah kesalahan yang menguntungkan Loh.

Loh menjadi bulan-bulanan Jojo yang semakin mahir memberikan umpan-umpan sulit dan smes mendadak yang sulit dihalau. Akhirnya Jojo pun memastikan kemenangan pertamanya pada babak penyisihan Grup B setelah menghabiskan 62 menit melawan Loh.

Kemenangan itu turut menambah catatan keunggulan Jojo atas Loh menjadi 6-0 dalam rekor pertemuan.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement