Jumat 09 Dec 2022 20:52 WIB

Layanan Keimigrasian Kemenkumham Belum Maksimal Pasca Kebakaran

Masyarakat yang mengurus paspor dan visa diharapkan lebih bersabar.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ilham Tirta
Petugas Damkar usai melakukan proses pendingingan di lokasi terjadi kebakaran di salah satu Gedung di Kompleks Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (8/12/2022). Kebakaran tersebut terjadi di area lantai lima Gedung Kemenkumham sekitar pukul 11.05 WIB. Sementara menurut pihak Kemenkumham, kebakaran terjadi di ruang tempat penyimpanan arsip lama dan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, meski demikian ia memastikan tidak ada dokumen atau arsip penting yang terbakar dalam peristiwa tersebut. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Damkar usai melakukan proses pendingingan di lokasi terjadi kebakaran di salah satu Gedung di Kompleks Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (8/12/2022). Kebakaran tersebut terjadi di area lantai lima Gedung Kemenkumham sekitar pukul 11.05 WIB. Sementara menurut pihak Kemenkumham, kebakaran terjadi di ruang tempat penyimpanan arsip lama dan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, meski demikian ia memastikan tidak ada dokumen atau arsip penting yang terbakar dalam peristiwa tersebut. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Imigrasi Kemenkumham mengungkapkan layanan Keimigrasian yang mencakup M-Paspor, visa, dan izin tinggal sudah kembali normal pada Jumat (9/12/2022). Hanya saja, layanan belum dapat berfungsi maksimal karena masih ada kendala.

"Layanan keimigrasian oleh petugas yang dinas di Gedung Ditjen Imigrasi sudah normal kembali hari ini," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Achmad Nur Saleh dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Achmad  mengatakan, jajaran Imigrasi langsung melakukan pengamanan dan pengecekan ulang setelah kebakaran gedung Ditjen Imigrasi Kemenkumham pada Kamis (8/12/2022). Pengecekan menyasar dokumen keimigrasian maupun perangkat keras dan lunak.

Achmad berharap masyarakat pengguna layanan Imigrasi dapat lebih sabar. Sebab, petugas Imigrasi mesti menuntaskan permohonan secara berurutan. "Kami memohon pengertian dari masyarakat dikarenakan petugas harus mengerjakan permohonan yang kemarin sempat terhambat saat terjadi kebakaran," ujar Achmad

Achmad menambahkan, pemohon yang mengalami kendala dalam proses permohonan melalui M-Paspor dapat menghubungi kantor imigrasi. "Ini agar dapat dibantu melalui helpdesk," kata dia.

Masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses persetujuan visa/izin tinggal maupun layanan M-Paspor dapat menghubungi Live Chat di www.imigrasi.go.id, Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.

Kebakaran melanda Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (8/12/2022). Kebakaran dilaporkan sekitar pukul 11.05 WIB. Kemudian Disgulkarmat langsung mengerahkan 13 unit dan 65 personel dan mulai melakukan pemadaman pada 11.15 WIB.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement