Sabtu , 10 Dec 2022, 10:05 WIB

Rekornya disamai, Pele Ucapkan Selamat Kepada Neymar Meski Brasil Tersingkir

Rep: Frederikus Bata / Red: Muhammad Akbar
Legenda timnas Brasil, Pele.
Foto Reuters

Legenda timnas Brasil, Pele.

Selama aktif bermain Pele mengoleksi 77 gol dengan Brasil di partai resmi.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Legenda sepak bola Brasil, Pele memberi selamat kepada Neymar jr. Itu karena pencapaian individu Neymar bersama Selecao.

Sebelumnya, sosok Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa dikenal dengan nama Pele merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa, tim nasional negeri samba.

Selama aktif bermain ia mengoleksi 77 gol dengan Brasil di partai resmi. Rekor tersebut kini disamai Neymar.

Nama terakhir baru saja mengoyak jala Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022. Sayang, ia belum mampu meloloskan Selecao ke semifinal.

Duel di Education City Stadium, Al Rayyan yang berakhir pada Sabtu (10/12) dini hari WIB, berkesudahan imbang 1-1 sampai perpanjang waktu usai.

Otomatis pemenang ditentukan melalui adu penalti. Di sesi tersebut, Brasil terkapar. Wakil Amerika Selatan itu takluk 2-4 dari the Blazers.

Lewat instagramnya, Pele menyoroti pencapaian Neymar.

"Saya melihat anda tumbuh. Saya bersorak untuk anda setiap hari, dan akhirnya saya bisa memberi selamat kepada anda karena telah mencapai jumlah gol saya, bersama Brasil," demikian petikan tulisan tokoh berusia 82 tahun di media sosial miliknya, dikutip dari dailymail.co.uk.

Menurutnya, ia dan Neymar paham, rekor tersebut bukan sekadar angka. Mereka harus terus menginspirasi rekan setim, generasi berikutnya, serta orang-orang yang mencintai sepak bola. Itu tugas terbesar sebagai atlet.

Rekor Pele bertahan nyaris 50 tahun. Pada akhirnya, ada yang bisa menyamai. Neymar siap mengukir sejarah baru di Selecao.

"Sebelumnya tidak ada yang berhasil mendekati. Anda telah sampai di sana nak. Itu menunjukkan betapa hebatnya pencapaian anda," ujar sang legenda yang kini sedang dirawat di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo itu.

Sayangnya, pencapaian Neymar tidak sejalan dengan situasi di Brasil saat ini. Bermaterikan banyak pemain kelas dunia, skuat negeri Samba salah satu favorit juara di Qatar. Kenyataan berkata lain.

Pele berharap, yuniornya tidak patah semangat. Ia akan terus bersorak untuk setiap gol Neymar berikutnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Pele Lionel Messi Neymar Brasil Kroasia Kroasia vs Brasil Piala Dunia 2022
Berita Terpopuler
Bintang Laga
Ekonomi Syariah (ilustrasi)

Tahun 2023, Tahun Akselerasi Ekonomi Syariah

Kamis , 12 Jan 2023, 18:03 WIB
Histori

RSPI Sulianti Sebut Kondisi Dua WNI Positif Corona, Baik

Rabu , 04 Mar 2020, 15:50 WIB

Pencarian Korban Tertimbun Longsor Tasik Masih Dilakukan

Rabu , 04 Mar 2020, 15:49 WIB
Berita Lainnya