Sabtu 10 Dec 2022 13:45 WIB

UMI Gelar Kuliah Pakar Hadirkan Anies Baswedan

Kehadiran Prof Anis Rasyid Bawaswedan di PPs UMI, sebagai seorang akademisi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @aniesbaswedan
Calon presiden Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (PPs UMI) menggelar kuliah pakar yang menghadirkan tokoh nasional yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2014-2016,H Anies Rasyid Baswedan MPP PhD di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (10/12/2022).

Kuliah pakar yang merupakan program rutin PPsUMI itu memilih menghadirkan mantan Rektor Universitas Paramadina itu karena dianggap berkompeten membahas topik yang kekinian dengan pendekatan kepakaraannya sebagai seorang guru besar rumpun Ilmu Ekonomi.

Direktur PPS UMI Prof Dr Sufirman Rahman, mengatakan, kuliah pakar merupakan kegiatan rutin dilaksanakan PPS UMI, setiap semesternya dengan menampilkan pakar sesuai bidang ilmu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk layanan akademik, untuk menyamakan persepsi terkait dengan bidang ilmu yang kali ini dikaitkan dengan aspek penelitian.

"Ini untuk menguatkan komitmen dan performance dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi dalam hal ini pendidikan atau pembelajaran, dan juga Catur Darma UMI. Prof Anis Baswedan, sosok yang memiliki latar belakang akademik, pernah menjabat sebagai rektor dan meraih gelar jabatan Guru Besar, di usia muda, umur 39 tahun," ujarnya di Makassar, Sabtu.

Kehadiran Prof Anis Rasyid Bawaswedan di PPs UMI, sebagai seorang akademisi. Acara itu murni kegiatan akademik yang menghadirkan pakar yang kompeten di bidangnya, yang merupakan agenda rutin PPs UMI.

Diharapkan kegiatan itu dapat menambah pengalaman bagi mahasiswa S2 dan S3 PPs UMI dan materi yang disampaikan narasumber diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi sesuai dengan tujuan program masing-masing, tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Prof Dr Syahruddin Nawi menyebutkan, kehadiran Prof Anis membawakan kuliah pakar di depan civitas akademika PPs UMI mengusung tema 'Penguatan Dunia Pendidikan dalam Merespon Fenomena Krisis Global untuk Indonesia Maju'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement