Sabtu 10 Dec 2022 13:45 WIB

FDA tidak Wajibkan Booster Covid-19 Bivalen bagi Anak-Anak

FDA hanya izinkan sebagian anak yang untuk mendapatkan 'booster' bivalen.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
FDA hanya izinkan sebagian anak yang untuk mendapatkan 'booster' bivalen.
Foto: www.freepik.com.
FDA hanya izinkan sebagian anak yang untuk mendapatkan 'booster' bivalen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejauh ini, seluruh masyarakat Amerika sudah memenuhi syarat untuk menerima booster vaksin Covid, bahkan untuk anak-anak dan bayi yang berusia di atas enam bulan. Tapi untuk booster bivalen (dosis empat), FDA tidak mewajibkannya untuk anak-anak yang sudah divaksin Moderna.

Sementara anak-anak yang divaksin Pfizer-BioNTech, hanya sebagian saja yang diizinkan melakukan booster bivalen. FDA mengatakan bahwa anak-anak masih memiliki perlindungan terhadap varian Covid saat ini.

Baca Juga

“Data untuk mendukung pemberian dosis booster bivalen untuk anak-anak ini, diharapkan rampung pada Januari 2023. Kami berkomitmen untuk mengevaluasi data tersebut secepat mungkin,” ujar FDA dilansir dari CBSNews, Sabtu (10/12/2022).

Sebelumnya, FDA menyoroti vaksin Pfizer dalam kelompok usia anak sebagai ‘seri primer’ yakni harus tiga dosis, setelah data menunjukkan bahwa anak-anak dari usia enam bulan hingga empat tahun membutuhkan dosis ketiga, agar mendapat perlindungan yang setara dengan orang dewasa.

Tapi sekarang, FDA mengatakan, hanya anak-anak yang belum vaksin dosis ketiga, yang bisa mengganti dosis ketiga itu dengan booster bivalen. Sementara yang sudah divaksin tiga dosis, masih harus menunggu sampai FDA menerima lebih banyak data di tahun depan.

“Saat ini, kami tidak memiliki data klinis pada kelompok usia ini memerlukan dosis keempat (penguat), setelah menyelesaikan tiga dosis vaksin. Dan oleh karena itu, kami belum dapat mengekstrapolasi,” kata Juru Bicara Pfizer, Julia Michelle Cohen.

Menurut dokumen perencanaan yang diterbitkan oleh CDC, yurisdiksi telah menyelesaikan pemesanan di muka pada pekan ini untuk booster bivalen anak-anak.

"Akan ada persediaan yang cukup, tapi terbatas dari booster yang tersedia,” katanya.

Booster bivalen yang diperbarui yang dibeli administrasi Biden dari Pfizer dan Moderna, baru digunakan sebagian kecil. Kurang dari 15 persen masyarakat Amerika berusia lima tahun ke atas, yang telah mendapatkannya.

Lalu kurang dari sepertiga manula (kelompok usia paling rentan) sudah mendapatkan booster yang pertama kali diluncurkan pada September itu. Di antara anak-anak di bawah usia lima tahun, kurang dari lima persen telah menyelesaikan vaksinasi ‘seri primer’ mereka.

Otoritas kesehatan Amerika sebelumnya telah melayangkan rencana untuk mengalihkan semua vaksin Covid-19 ke formulasi bivalen, karena regulator Eropa baru-baru ini memutuskan untuk mengizinkannya. Pejabat CDC mengatakan bahwa perubahan itu akan diperlukan karena sebagian besar stok vaksin monovalen AS akan kedaluwarsa.

“Kami juga mengantisipasi beberapa diskusi kebijakan yang akan datang seputar booster dan penggunaan vaksin bivalen pada anak di bawah usia lima tahun, dan mengenai transisi seri primer dari vaksin 19 monovalen ke bivalen,” kata Kepala Divisi Virus Corona dan Virus Pernafasan Lain, Barbara Mahon.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement