Sabtu 10 Dec 2022 15:47 WIB

Elton John Pilih Pensiun Pakai Twitter

Elton John memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Twitter.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Elton John memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Twitter.
Foto: EPA
Elton John memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Twitter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi legendaris, Elton John, mengumumkan bahwa dia akan hengkang dari Twitter. Menurut Elton, media sosial yang telah diakuisisi Elon Musk tersebut sangat berpotensi mengembangkan informasi yang salah atau hoaks setelah menerapkan beberapa perubahan kebijakan.

Pelantun “Rocket Man” itu menjadi salah sekian dari tokoh publik yang memilih berhenti menggunakan Twitter. Sebelumnya aktor asal Amerika Whoopi Goldberg, musisi Trent Reznor, Jack White, dan Jim Carrey juga mengumumkan niat mereka untuk hengkang dari Twitter.

Baca Juga

“Sepanjang hidup saya, saya telah mencoba menggunakan musik untuk menyatukan orang. Namun saya sedih melihat bagaimana informasi yang salah sekarang digunakan untuk memecah belah dunia kita. Saya telah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Twitter, mengingat perubahan kebijakan mereka baru-baru ini yang memungkinkan informasi yang salah berkembang tanpa terkendali,” kata Elton John seperti dilansir dari Rolling Stone, Sabtu (10/12/2022).

Ada kemungkinan bahwa perubahan kebijakan yang disebutkan oleh John mengacu keputusan Twitter yang tidak akan menerapkan kebijakan misinformasi Covid lagi. Padahal sejak Januari 2020 hingga September 2022, situs tersebut berhasil menangguhkan lebih dari 11 ribu akun karena melanggar aturan misinformasi Covid sekaligus menghapus konten dengan alasan serupa.

“Efektif 23 November 2022, Twitter tidak lagi menegakkan kebijakan informasi menyesatkan COVID-19,” demikian pernyataan Twitter.

Langkah itu dilakukan setelah Musk menghadapi kontroversi karena memecat sejumlah besar karyawan strategis di Twitter, termasuk divisi outsourced content moderators yang bertugas melacak penyalahgunaan di situs tersebut.

Musk juga mendapat respon negatif ketika mengaktifkan kembali akun Donald Trump dan Kanye West, meskipun pada akhirnya akun Kanye West ditangguhkan kembali.

Tokoh lain juga mengungkap kekhawatiran serupa seperti Elton. Reznor mengatakan niatnya hengkang dari Twitter lantaran menurut dia situs tersebut telah menjadi toxic, sementara Jack White ingin stop main Twitter karena kecewa dengan keputusan mengaktifkan kembali akun Donald Trump.

Sementara itu, minggu lalu dipastikan bahwa Elton John akan menjadi penampil utama pada Minggu malam Glastonbury 2023, yang akan menjadi pertunjukan terakhir di Inggris dari tur terakhir ikon musik tersebut. Elton, yang belum pernah memainkan acara Worthy Farm sebelumnya, akan menjadi penampil utama festival Minggu malam pada 25 Juni 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement