Ahad 11 Dec 2022 17:00 WIB

Pesan Sopan Santun dari Nabi Muhammad

Nabi Muhammad mengajarkan sopan santun pada umatnya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Pesan Sopan Santun dari Nabi Muhammad. Foto:  Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Pesan Sopan Santun dari Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam diutus Allah subhanallahu Wa Ta'ala terakhir ke dunia selain hanya meng-Esakan Allah, pada zat, sifat dan perbuatanNya, beliau juga diturunkan untuk menyempurnakan akhlak. Sopan santun atau akhlak mulia bagian dari dakwah Rasulullah. 

"Rasulullah sendiri mengakui terus terang bahwa kedatangannya yang terpenting ialah hendak memperbaiki budi pekerti bangsa manusia, " kata Prof Dr Hamka dalam bukunya "Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam di Nusantara."

Baca Juga

Dalam ajaranya Nabi Muhammad, mengharamkan tajassus, yaitu mengorek-ngorek keburukan orang lain dengan jalan mengintipnya. Dilarang membicarakan aib celaan orang di belakangnya. Dilarangnya hasad dan dengki, benci dan bermusuh-musuhan berdusta memberi gelar buruk, munafik dan memungkiri janji, berkhianat dan takabur.

Akan tetapi Nabi Muhammad memerintahkannya untuk tawadhu merendahkan diri, penyayang penyantun, berbuat baik dan pemaaf. Menahan marah dan menahan diri dari membalas dendam, berbuat baik kepada sesama manusia dan malu menyimpan rahasia dan mensyukuri jasa orang, menziarahi orang sakit dan bertakziah apabila ada kematian.

Beliau juga memerintahkan menyampaikan salam apabila bertemu, meminta izin apabila akan masuk ke rumah, membayarkan amanat kepada ahlinya. Pelan-pelan dalam bersuara dan sabar atas cobaan, menghabiskan permusuhan dan tidak mengungkit-ngungkit kembali.

"Jangan mengikuti syak wasangka yang tidak berbalasan jahat," katanya.

Dan jangan suatu kaum mensalahkan satu kaum yang lain, karena boleh jadi kaum yang dicelanya, keadaannya lebih baik daripadanya yang dicela. Demikian juga perempuan terhadap sesama perempuan agar jangan mencela satu golongan kepada golongan yang lain. 

"Boleh jadi perempuan yang dicela itu lebih baik daripada yang mencela," katanya.

Buya Hamka menegaskan, Nabi Muhammad juga menyampaikan, perbuatan yang aman dicela adalah praktik nifak. Yaitu perbuatan lain di mulut, lain pula di hati. 

Ciri orang munafik ada tiga perkara yakni apabila berkata bercampur dusta, apabila berjanji mungkir, dan apabila dipercaya ia berkhianat dari kepercayaan itu. 

Ciri lainnya, apabila berdiri sholat, mereka berdiri dengan malas, dan apabila beramal hanyalah untuk menuntut penghargaan manusia pria dan tidak ingat akan Allah melainkan hanya sedikit. Dan banyak lagi ciri-ciri lain yang dilarang oleh Allah SWT.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement