Senin 12 Dec 2022 11:47 WIB

Demi Lindungi Privasi, Ini Cara 'Sensor' Rumah di Google Maps

Memburamkan rumah di Google Maps bersifat permanen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps
Foto: Pexels
Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google adalah bagian dari seluruh hidup kita. Kita hanya perlu membuka Google Maps untuk mencari arah. Dengan Google, kita juga bisa menjelajahi landmark kota dalam 3D, membaca dan meninggalkan ulasan restoran, menemukan waktu kedatangan transportasi umum, dan banyak lagi.

Namun ada satu fitur dalam Google Maps yang dapat dengan cepat menjadi masalah privasi yang nyata. Jika Anda pernah menggunakan Street View, Anda tahu bahwa Anda dapat memasukkan alamat apa pun ke Google Maps dan melihat gambar terkini dari apa yang ada di sana, apakah itu bisnis atau tempat tinggal.

Baca Juga

Meskipun berguna untuk mengetahui seperti apa sebuah bangunan saat Anda mendapatkan petunjuk arah ke sana, itu memudahkan penguntit atau penjahat untuk merencanakan jalan mereka ke dalam rumah Anda.

Mereka dapat dengan mudah memeriksa rumah Anda secara online. Pencuri mungkin saja menemukan jendela yang memungkinkan untuk dicongkel. Siapa pun dapat melakukannya secara langsung. Namun, Google Maps membuatnya lebih mudah karena Anda dapat mematai-matai rumah seseorang dari kenyamanan ponsel atau komputer Anda.