Selasa 13 Dec 2022 17:06 WIB

Gerak Cepat Heru Budi Pimpin DKI: Copot Pejabat Era Anies, Ganti Slogan 'Kota Kolaborasi'

Slogan 'Kota Kolaborasi' diganti dengan 'Sukses Jakarta untuk Indonesia'.

Red: Andri Saubani
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) memotong tumpeng saat acara penyambutan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/10/2022). Heru Budi Hartono dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) memotong tumpeng saat acara penyambutan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/10/2022). Heru Budi Hartono dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Zainur Mashir Ramadhan

Slogan 'Kota Kolaborasi' resmi berganti menjadi 'Sukses Jakarta untuk Indonesia’ pada era kepemimpinan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI, Raides Aryanto, beralasan, penyandingan slogan baru dengan +Jakarta itu, diharapkan bisa mendukung warga DKI untuk menyinergikan perpindahan ibu kota.

Baca Juga

“Serta sebagai bagian dari pelaksanaan program Rencana Pembangunan Daerah (RPD)” kata Raides dalam keterangannya di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Namun demikian, Raides menegaskan, pihaknya tidak akan mengganti logo +Jakarta. Dijelaskan dia, semangat logo lama akan berlanjut dalam RPD 2023-2026 yang sudah ditetapkan. Menurut dia, logo dan semangat yang ada dalam kata ‘Kolaborasi’ tetap diarahkan dalam beberapa isu strategis di banyak program.

 

Raides melanjutkan, RPD yang dimaksud dan bernada kota untuk semua, akan menjadikan Jakarta ke depannya mempromosikan inklusivitas. Utamanya, saat semua warga bisa merasakan manfaat dan mempunyai hak sama untuk tinggal. 

“Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup serta pembangunan berkelanjutan,” ucapnya.

Khusus isu strategis yang dimaksud, kata Raides, akan difokuskan pada Ketahanan Terhadap Bencana, Pemerintahan Dinamis dan Transformasi Layanan Publik, Ketahanan Ekonomi Inklusif, Kota Berkelanjutan Berbasis Digital dan Komunitas, Manusia Sehat, Berdaya Saing Setara serta Pemerataan Pembangunan.

Raides menambahkan, dua tahun ke depan, RPD juga akan berfokus pada tiga isu prioritas milik Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Tiga isu tersebut, mencakup kemacetan, penanggulangan banjir hingga pertumbuhan ekonomi.

“Dalam pelaksanaan RPD ini, Pemprov DKI akan melanjutkan semangat kolaborasi yang sudah terbangun di Jakarta,” jelas dia.

Penggantian slogan seperti menjadi bagian dari rencana besar Heru Budi mengganti hal-hal 'berbau' atau terkait Anies Baswedan di Ibu Kota. Diketahui, beberapa pekan setelah Heru resmi menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta, beberapa direksi dan komisaris beberapa BUMD DKI seperti PT Jakarta Propertindo dirombak habis-habisan.

Tak sampai di sana, hal itu juga berlaku pada BUMD DKI PT MRT Jakarta yang dirombak Heru, bahkan di bulan pertama dia menjabat. Baru-baru ini, pada awal Desember, Pj Heru Budi Hartono juga menggeser posisi Sekda Marullah Matali menjadi Deputi Kegubernuran.

Perombakan massal yang dilakukan Heru itu terjadi, meski dia baru dua bulan menjabat Pj Gubernur DKI. Khusus soal Marullah, Heru beralasan, jabatan baru Marullah yang baru lebih terhormat.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa tugas-tugas pak deputi sangat terhormat,” kata Heru di Balai Kota, Senin (5/12/2022).

Dia mengatakan, Marullah dalam tugas barunya berperan dalam membantu Pj Gubernur melaksanakan tugas di DKI sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh sebab itu, dia menyebut tugas Marullah akan ada di lingkup yang lebih besar.

Heru menjelaskan, dalam tugas baru Marullah, dirinya akan mengerjakan beberapa tugas fungsi sebagai deputi yang mewakili Pj Gubernur. Dia menyontohkan, pada tahun depan, Marullah akan ditugaskan untuk membantu penyelenggaraan Jakarta sebagai tuan rumah pertemuan Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023) di Jakarta.

Jejak Anies lain yang kini dihapus termasuk nama Anies Baswedan yang sebelumnya tertera di tiap lapangan berstandar FIFA di lima perkampungan warga di Jakarta. Diketahui, selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Anies membangun lima lapangan berstandar FIFA di dalam perkampungan warga dengan tujuan agar warga kelas bawah bisa menikmati lapangan dengan fasilitas bagus secara gratis.

Lima lokasi Lapangan Ingub itu di antaranya berada di Serdang, Jakarta Pusat; Muara Angke, Jakarta Utara; Kemanggisan, Jakarta Barat; Jagakarsa, Jakarta Selatan; dan Klender, Jakarta Timur. Saat ini, nama Anies Baswedan yang tertera di kawasan lapangan Ingub itu diganti dengan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement