Rabu 14 Dec 2022 01:38 WIB

'Manfaat Kartu Indonesia Pintar Kuliah Bakal Terasa Beberapa Tahun Nanti'

Sekjen Kemendikbud sebut manfaat Kartu Indonesia Pintar kuliah terasa beberapa tahun.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bilal Ramadhan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI resmi membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2022.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI resmi membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah memiliki banyak manfaat. Tapi, menurut dia, manfaat dari program pendanaan pendidikan tinggi itu baru akan terlihat dalam beberapa tahun mendatang.

"KIP Kuliah punya manfaat banyak, mungkin jika dilihat sekarang belum tampak dampak kesejahteraan ekonominya, tetapi dalam beberapa tahun mendatang akan terasa," jelas Suharti dalam siaran pers, Selasa (13/12/2022).

Hal itu dia sampaikan dalam pembekalan mahasiswa penerima KIP Kuliah dan Peluncuran Kartu KIP Kuliah Digital Tahun 2022 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pada kesempatan itu dia mengaku terharu. Sebab, beasiswa merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memastikan anak bangsa dapat kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan sampai jenjang lendidikan tinggi.

"Semua orang punya harapan untuk ke jenjang lebih tinggi lagi. Pemerintah sendiri menyiapkan dana abadi untuk pendidikan senilai Rp 120 triliun. Jadi untuk adik-adik, mari tunjukkan prestasinya. Insya Allah S2 dan S3 sudah ditangan," ungkap Suharti.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Abdul Sukur, mengatakan, program beasiswa KIP ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses pendidikan tinggi. Ditambah lagi kini ada KIP digital, yang dia sebut turut memudahkan para penerima beasiswa KIP.

"Beasiswa KIP ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses pendidikan tinggi. Apalagi dengan adanya KIP digital ini turut memudahkan para penerima beasiswa KIP," jelas dia.

Rektor UNJ, Komarudin, menyampaikan, pihaknya sangat mendorong dan mengupayakan mahasiswa yang memiliki ekonomi tidak tercukupi untuk bisa terus kuliah dan mengejar kuliah. Untuk mahasiswa yang penerima beasiswa dia berpesan untuk jangan pernah putus asa dan selalu bersemangat untuk meraih cita-cita setinggi mungkin.

Komarudin menjelaskan, UNJ menjadi nomor satu untuk prestasi olahraga yang di buktikan dengan kemenangan POMNAS di Sumatera Barat beberapa waktu lalu. Di mana DKI Jakarta menjadi juara umum dan mayoritas medali emasnya oleh mahasiswa UNJ. Di antara mahasiswa yang berprestasi itu, kata dia, merupapkan dari kalangan penerima KIP.

"Kami harapkan senantiasa semangat kepada mahasiswa tersebut untuk tetap kuliah karena pemerintah juga memberikan dukungan beasiswa KIP Kuliah," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement