Kamis 15 Dec 2022 06:38 WIB

Fitch Kembali Pertahankan Peringkat RI pada BBB dengan Outlook Stabil

Fitch menilai pemulihan ekonomi Indonesia akan berlanjut.

Red: Nidia Zuraya
Fitch Ratings. Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil pada 14 Desember 2022.
Foto: topnews.in
Fitch Ratings. Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil pada 14 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil pada 14 Desember 2022.Keputusan ini mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah yang baik serta rasio utang pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB) yang rendah.

Menanggapi keputusan Fitch tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (14/12/2022), menyatakan afirmasi peringkat Indonesia pada BBB dengan outlook stabil menunjukkan keyakinan kuat pemangku kepentingan internasional atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia yang tetap terjaga.

Baca Juga

Kepercayaan dunia internasional ini didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara pemerintah dan BI di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih tinggi dan peningkatan risiko stagflasi seiring dengan kenaikan suku bunga kebijakan secara global.

Ke depan, BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik, merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan stabilitas keuangan, termasuk penyesuaian lebih lanjut arah kebijakan, serta terus memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.