Kamis 15 Dec 2022 10:28 WIB

Daftar Pengunduran Diri Politikus PSI Makin Panjang

Rian Ernest mengatakan, keputusannya mundur demi langkah politik ke depan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari
Politikus DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest.
Foto: Tangkapan layar
Politikus DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest, memutuskan untuk mengundurkan diri dari PSI. Padahal, Rian Ernest bisa dibilang merupakan salah satu kader yang selama ini menggaungkan nama PSI ke publik Indonesia.

Melalui akun Twitter resminya @rianernesto, Kamis (15/12/2022), Rian Ernest menyampaikan pengunduran diri dari PSI. Ernest merasa, tidak pernah mudah meninggalkan zona nyaman, tapi meyakini keputusan berat yang diambilnya tersebut merupakan yang terbaik.

Baca Juga

Pengunduran diri Rian Ernest menambah panjang daftar kader-kader PSI yang memilih untuk hengkang. Pada April 2022 lalu, tanpa ada kabar konflik internal apapun, politikus muda Tsamara Amany, mengumumkan diri untuk pamit dari PSI.

Kemudian, kabar pengunduran diri datang dari kader PSI lain, Surya Tjandra. Bahkan, Surya mengaku telah meninggalkan PSI sejak Oktober 2022 dan secara terang-terangan menyampaikan dukungan kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Setelah itu, ada nama politikus Michael Sianipar yang merupakan Ketua DPW PSI DKI Jakarta. Michael menyebut, pengunduran diri itu dikarenakan nilai-nilai yang ada dalam PSI hari ini sudah berubah dan PSI dirasa memiliki masalah sistemik.

Kembali ke Rian, ia kepada saudara dan sahabat di PSI mengucapkan terima kasih atas semua dukungan, kritik maupun saran yang diberikan kepadanya selama perjalanan politik empat tahun ke belakang. Khususnya, terima kasih disampaikan Ernest kepada PSI.

Ernest menuturkan, PSI telah menjadi rumah yang begitu hangat dan nyaman baginya berpolitik selama empat tahun belakangan. Namun, ia menekankan, kini saatnya mengambil keputusan yang dirasa berat, tapi memang perlu dilakukan.

"Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari Partai solidaritas Indonesia," kata Ernest.

Meski berat, ia meyakini, ini keputusan benar demi langkah politik ke depannya. Ernest berterima kasih ke sahabat, saudara, mentor dan rekan seperjuangan di PSI Jeffrie Geovanie, Giring Ganesha, Grace Natalie, Raja Juli dan Dea Tunggaesti.

Selain itu, ia menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan di DPP PSI dan DPD PSI di seluruh daerah di Indonesia, serta kepada Lembaga Bantuan Hukum PSI. Termasuk, masyarakat luas pada pemilihan DPR Jakarta Timur 2019 lalu.

"Semoga para saudara dan sahabat sekalian terus mendukung, mengawasi dan memberi masukan kepada saya, Rian Ernest, ke manapun langkah politik saya selanjutnya," ujar Ernest.

Baca juga : Mundur dari DPP PSI, Rian Ernest: Ini Adalah Keputusan yang Benar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement