Kamis 15 Dec 2022 11:09 WIB

Sawit Indonesia Award 2022 Anugerahkan 55 Penghargaan

Sawit Indonesia Award 2022 merupakan ajang penghargaan kepada insan perkelapasawitan.

Red: Agung Sasongko
Sawit Indonesia Award 2022
Foto: istimewa
Sawit Indonesia Award 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Majalah Sawit Indonesia menyerahkan 55 Penghargaan kepada tokoh sawit, perusahaan, petani, dan asosiasi dalam ajang Sawit Indonesia Award 2022, Rabu (14 Desember 2022) di Hotel Aryaduta, Jakarta. Penghargaan ini merupakan rangkaian HUT ke-11 Majalah Sawit Indonesia yang di saat bersamaan juga diadakan Talkshow bertemakan “Optimalisasi Ekspor Sawit Sebagai Antisipasi Dampak Resesi”. 

Dalam sambutannya, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI, mengapresiasi penghargaan ini sebagai bentuk tanggung jawab supaya tetap bekerja dalam rangka membantu petani maupun pengusaha sawit supaya semakin sejahtera dan memberikan kontribusi besar kepada perekonomian. 

Baca Juga

“Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan  Dirgahayu ke 11 kepada Majalah Sawit Indonesia. Selama ini Majalah Sawit Indonesia hadir untuk menjadi panduan bagi industri sawit di Indonesia baik kepada investor, pengusaha dan petani. Bersama ini saya menyampaikan terima kasih untuk penghargaan bidang Monitoring Program Sawit kepada saya dalam ajang penghargaan ini,” ujar Moeldoko dalam keterangan persnya, Rabu (15/12/2022).

Moeldoko menjelaskan bahwa industri sawit menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan persaingan dengan industri minyak nabati lain di luar negeri. Namun, tantangan ini diharapkan membuat industri sawit semakin kuat dan semakin tangguh.”Untuk itu, mari jadikan setiap tantangan sebagai pemacu kita dalam bekerja,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Majalah Sawit Indonesia juga menyerahkan penghargaan Sawit Indonesia Award 2022 kepada Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan atas dedikasi dan kebijakannya dalam stabilisasi program minyak goreng. 

Budi Santoso, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, yang membacakan sambutan Menteri Perdagangan RI, menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi Talkshow dan Sawit Indonesia Award 2022 pada hari ini. Dengan kegiatan seperti ini tentunya akan menciptakan sinergi yang kuat antara pemerintah selaku pengambil kebijakan dengan seluruh stakeholders yang terkait guna membangun dan mengembangkan sektor kelapa sawit Indonesia yang lebih baik dari hulu sampai hilir, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah sawit berkelanjutan.

Selanjutnya sebagaimana dibacakan Budi Santoso bahwa ancaman resesi, ketegangan geopolitik di Eropa Timur, cuaca ekstrem akibat perubahan iklim dan pandemi COVID-19 yang belum berakhir menimbulkan risiko perlambatan pemulihan ekonomi global. Untuk mengantisipasinya, pemerintah Indonesia terus berupaya mendukung pemulihan dan perkembangan ekonomi nasional yang berkelanjutan dengan mengupayakan pemberdayaan ekonomi domestik, penguatan produk lokal dan mendorong program Bangga Buatan Indonesia, serta hilirisasi industri yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA) untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor, salah satunya adalah produk sawit dan turunannya. 

“Kementerian Perdagangan telah menerbitkan kebijakan yang mendukung hal tersebut melalui Permendag Nomor 49 Tahun 2022 dan Permendag Nomor 50 Tahun 2022 untuk fleksibilitas dan kemudahan bagi pelaku usaha, mengoptimalkan penyediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau bagi konsumen dari pasokan bahan baku yang harganya menguntungkan bagi pekebun dan secara pararel mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui kegiatan ekspor produk sawit dan turunannya,” urai Budi.

Qayuum Amri, Ketua Panitia Sawit Indonesia Award 2022, menjelaskan bahwa Sawit Indonesia Award 2022 merupakan ajang penghargaan kepada insan perkelapasawitan nasional baik kepada individu dan lembaga. Penghargaan ini baru pertama kali diadakan di Indonesia yang  ditujukan khusus  bagi pelaku industri sawit.  

“Jumlah penghargaan yang diserahkan sebanyak 55 penghargaan yang terdiri dari 12 penghargaan kategori Lifetime Achievement, 7 penghargaan kepada asosiasi dan lembaga kajian sawit. Selanjutnya, ada 36 penghargaan yang diberikan kepada perusahaan sawit dan supporting sesuai masing-masing kategori,” ujar Qayuum.

Musdhalifah Machmud, Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, menjelaskan bahwa ajang penghargaan Sawit Indonesia Award menjadi upaya membangun komunikasi diantara pemangku kepentingan sawit baik dari kalangan pemerintah, pelaku usaha, dan petani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement