REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengikutsertakan mitra UMKM binaan saat ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022. Hal ini bertujuan untuk mendorong para pelaku UMKM agar dapat naik kelas dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi melalui pemanfaatan teknologi digital.
SEVP Operasional BNI Fauzi mengatakan pemberdayaan UMKM merupakan sebuah perjalanan, sehingga berbagai upaya harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Per November 2022, penyaluran kredit usaha rakyat sebesar Rp 32,3 triliun atau meningkat 14,3 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
“Dengan mandat sebagai bank global Indonesia, BNI melakukan program pengembangan segmen UMKM untuk menembus pasar ekspor. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM yang dilakukan BNI diharapkan dapat mencetak juara-juara UMKM yang memiliki kemampuan bersaing di pasar global,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (15/12/2022).
Atas dasar itu, melalui acara tersebut salah satu UMKM Arcia Oil dan 101 Coffee House asal Kalimantan Barat berhasil menjadi pemenang di acara penghargaan yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). UMKM Arcia Oil milik Hadi Susanto masuk dalam kategori Kecantikan dan Kebugaran, sementara UMKM 101 Coffee House milik Siti Masitha masuk dalam kategori kuliner.