Dividen PDAM Kebumen Capai Target Rp 2,033 Miliar

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengontrol saluran air untuk diolah menjadi air bersih (ilustrasi)
Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengontrol saluran air untuk diolah menjadi air bersih (ilustrasi) | Foto: ANTARA/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Kinerja Perumda Air Minum Tirta Bumi Santosa Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dari tahun ke tahun saat tercatat mengalami peningkatan. Proyeksi dividen PDAM yang disetor ke Pemda Kebumen dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2022 sebesar Rp 2,033 miliar.

Direktur PDAM Bumi Santosa Kabupaten Kebumen, Zein Mustain mengatakan, proyeksi ini sampai akhir Desember diyakini melampaui target menjadi Rp 2,11 miliar naik dibandingkan 2021 Rp 2,026 miliar atau target terlampau menjadi 104,22 persen.

"Alhamdulillah target dividen tahun ini sudah mencapai target Rp 2,033 miliar, insya Allah sampai akhir Desember melampaui target menjadi Rp 2,11 miliar," ujar Zein, Kamis (15/12/2022).

Pada tahun depan, PDAM Kebumen menargetkan dividen yang diberikan kepada pemda jauh melebihi target dari 2022. Zein menyebut, sebagai perusahaan milik daerah, pihaknya tak bisa 100 persen berorientasi pada bisnis semata, tapi ada juga tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi.

Sehingga tidak bisa memberikan target bisnis terlalu banyak. "Sebagai perusahaan daerah kita bukan hanya mengedepankan business oriented, tapi juga social oriented. Tahun ini saja kita memberikan subsidi tarif pelanggan mencapai Rp 1 miliar lebih untuk golongan rumah tangga A 1, dan sosial, seperti sekolah, pondok pesantren, rumah ibadah, dan panti sosial," jelasnya.

Tak hanya itu, dari sisi penagihan tunggakan rekening pelanggan PDAM tahun ini sudah mencapai 99,45 persen. Kemudian PDAM turut menerapkan sistem reward and punishment bagi karyawan berprestasi dan juga karyawan yang bekerja buruk.

"Tiap tahun ada karyawan yang diberikan kenaikan pangkat, tapi ada juga yang kita berikan SP sampai pemecatan karena banyak melakukan kesalahan," ujar dia.

PDAM Tirta Bumi Santosa Kabupaten Kebumen juga menggelar kegiatan Creative Training Taat SOP dan Pengembangan Kreativitas Karyawan pada Rabu (14/12/22). Ada sebanyak 125 karyawan dan koperasi PDAM yang ikut kegiatan ini selama dua hari sampai Kamis (15/12/22).

Menurut Zein, kegiatan ini diadakan untuk melatih para karyawan agar lebih kreatif atau inovatif dalam bekerja tanpa harus menyalahi SOP. Adapun bentuk kreativitas yang sudah dilakukan PDAM dalam pengembangan usahanya adalah berupa transformasi digital dalam hal peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.

Baik dalam sistem pembayaran, aduan, dan kecepatan dalam penanganan di lapangan. "Berkaitan dengan tata administrasi kita juga sudah melakukannya, bukan hanya hard copy dan soft copy guna memudahkan pencarian dokumen atau administrasi domumen penting perusahaan. Di PDAM pendaftaran pelanggan baru dan pembayaran semua juga sudah dilakukan secara online, termasuk penanganan aduan," jelas Zein.

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menambahkan, pihaknya mengapresiasi kinerja PDAM yang terus mengalami peningkatan. Ia berharap dengan kegiatan ini seluruh karyawan bisa terus melahirkan inovasi dan adaptif dalam menghadapi dunia kerja yang semakin berkembang maju, terutama di era society 5.0 saat ini.

"Tantangan ke depan semakin besar, sehingga perlu ada motivasi untuk para karyawan, harapannya setelah ini PDAM terus bisa melahirkan inovasi-inovasi baru dan bisa adaptif terhadap kemajuan zaman. Kita percaya sesulit apapun tantangan yang dihadapi, bahkan di tengah ancaman resesi sekalipun, PDAM bisa melewati itu dengan baik," katanya.

Terkait


RUPST dan RUPSLB BFI Finance Indonesia

RUPST Merck Setuju Bagi Dividen Rp 107,5 Miliar

PT Timah akan Membagikan Dividen 35 Persen dari Laba Bersih

Charoen Pokphand Tebar Dividen Rp 108 per Saham

BCA Bagikan Dividen Interim Tunai Rp 25 per Saham

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark