Posko Kesehatan Dibuka di Tiga Titik Yogyakarta Selama Nataru

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Wisatawan berjalan-jalan di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta.
Wisatawan berjalan-jalan di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan membuka posko kesehatan di tiga titik yang dapat diakses wisatawan. Posko kesehatan ini akan dibuka di Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali, Titik Nol, dan di Tugu Yogyakarta.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami membuka pos kesehatan di tiga titik. Untuk tanggalnya (kapan dibuka), kami akan koordinasi dengan kepolisian," kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah, kepada Republika.co.id.

Di tiga posko kesehatan tersebut, juga akan dibuka layanan untuk vaksinasi Covid-19. Kemungkinan, kata Lana, posko kesehatan akan dibuka selama 10 hari selama libur Nataru 2023. "Mungkin (posko) akan dibuka seminggu sampai 10 hari, itu kita akan buka layanan vaksinasi juga," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga akan membuka layanan informasi wisatawan menyambut libur Nataru. Layanan ini disiapkan dengan mendirikan posko Tourist Information Service (TIS) di kawasan Malioboro.

"Kami dari dinas pariwisata menyiapkan dua titik layanan wisatawan. Tapi sebatas membantu memberikan informasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.

Nantinya, ada dua posko TIS yang didirikan di Malioboro, tepatnya di Plaza Malioboro dan Titik Nol Kilometer. Lokasi tersebut dipilih mengingat selama ini Malioboro menjadi pusat kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta.

"Pelayanan TIS akan berlangsung pada24-31 Desember 2022 dari pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB," ujarnya.

Ia menuturkan, pelayanan utama TIS yakni memberikan informasi bagi wisatawan terkait pariwisata di Kota Yogyakarta. Pelayanan TIS akan melibatkan Mas dan Mbak Kampung Wisata sebagai duta kampung wisata di Kota Yogyakarta.

Dinas Pariwisata telah mengukuhkan Mas dan Mbak Kampung Wisata dari 18 kampung wisata di Kota Yogyakarta November 2022 lalu. "Mas dan Mbak kita kerahkan di TIS, sekaligus untuk mengenalkan potensi kampung wisata di wilayah kampung wisata yang diwakilinya," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Fasyankes dan Organisasi Profesi Diminta tak Resepkan Obat Sirup

Kemenkes: Sektor Kesehatan Siap Hadapi Arus Mudik

Dishub Kota Bandung Awasi Pergerakan Pemudik

Terdampak Banjir Sukabumi Alami Gangguan Kesehatan, 10 Positif Covid-19

Dinkes Kota Yogya: Moderna Belum Digunakan untuk Masyarakat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark