SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID — Saat ini semakin banyak bermunculan jenama mode lokal yang menjadi trendsetter di Indonesia. Tidak sedikit para pelaku usaha yang meraup sukses dengan memulainya dari nol.
Pemilik Usaha Amazara, Uma Hapsari, berbagi tips yang juga ia terapkan sejak awal membangun bisnis. Hal terpenting, menurut Uma, adalah jangan takut memulai.
“Harus aktif, rajin ikut kampanye misalnya kalau jualan di Tokopedia, ikutin terus programnya untuk meningkatkan eksistensi juga,” kata Uma dalam media briefing Tokopedia Fashion Week (TFW) di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Setelah berani memulai bisnis dan aktif mengikuti program niaga elektronik, tentukan identitas dan keunikan dari produk sendiri. Menurut Uma, jika jadi yang pertama, tentu selalu ada yang duluan. Menjadi yang terbaik selalu ada yang lebih baik. Tetapi jika berbeda, maka itulah yang bisa menentukan eksistensi dan kustomer loyal.
Ketika produk tidak punya identitas, yang ada kuatomer bisa hanya mengejar diskon. Amazara sendiri mengutamakan kenyamanan dari setiap produknya.
“Ketiga dari segi operasional, kalau dari produk sudah bagus tapi pengiriman terkendala, kita harus bisa mau tahu tentang itu, jadi pilib mitra yang tepar karena kita mau bangun tim yan tepat,” tambah Uma.
Senada, Pemilik Usaha KAMI, Istafiana Candarini, juga menganjurkan tidak takut memulai. Usahanya pernah ditolak beberapa kali oleh pihak pabrik.
“Kita ketuk pintu satu-satu karena dulu banyak yang tidak percaya brand lokal bisa maju tapi alhamdulillah akhirnya ada yang percaya,” ujar dia.
Istafiana juga kerap menekankan pola pikir bahwa jangan berpikir ‘tidak bisa’. Semua bisa dilakukan selama tekum berusaha.