Aktivitas berbelanja online semakin lekat pada masyarakat lantaran pandemi Covid-19 dua tahun terakhir yang membatasi aktivitas sehari-hari. Meskipun aktivitas masyarakat sudah hampir kembali seperti sebelum pandemi, berbelanja secara online adalah sesuatu yang normal untuk era seperti sekarang ini.
Untuk itu, pada Sabtu (18/12/2022), Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo memberikan tips-tips menjadi konsumen yang cerdas supaya pengalaman berbelanja online bisa berjalan lancar. Berikut tips-tipsnya.
- Alamat lengkap
Tulis alamat pengantaran dengan lengkap supaya barang bisa sampai ke tempat tujuan. Hindari mengisi kolom alamat, misalnya dengan "rumah warna kuning dekat sungai" tanpa menyebutkan alamat yang lengkap.
- Memilih barang
Baca dengan teliti deskripsi produk, apakah misalnya konsumen harus memilih warna atau ukuran. Demi kebutuhan visual, ada kalanya penjual mengunggah beberapa produk dalam satu gambar, misalnya sekotak cokelat batangan. Agar sesuai harapan, cermati dan jangan ragu bertanya apakah harga yang tertera untuk satu barang atau sekotak sekaligus.
- Metode pembayaran
Sebelum membayar, pertimbangan metode pembayaran yang paling sesuai kebutuhan. Jika memutuskan menggunakan bayar langsung saat barang sampai, alias cash on delivery (COD), pastikan ada orang di rumah untuk membayar paket belanja.
- Kendala pesanan
Jika barang tidak sesuai dengan pesanan, ajukan protes kepada penjual, bukan kurir. Sebaliknya, tanyakan ke pihak logistik ketika pengiriman terkendala.