Selasa 20 Dec 2022 08:22 WIB

UPI Borong Penghargaan Dari Diktiristek dan KIP

UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner pada beberapa bidang yaitu bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, bidang kelembagaan, bidang kerjasama, bidang sumber daya dan bidang hubungan masyarakat.
Foto: Istimewa
UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner pada beberapa bidang yaitu bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, bidang kelembagaan, bidang kerjasama, bidang sumber daya dan bidang hubungan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih 7 penghargaan pada anugerah Diktiristek dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2022. 

Selain itu, UPI pun meraih satu penghargaan dari komisi informasi pusat (KIP). Secara resmi anugerah Diktiristek diterima oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr HM Solehuddin MPd MA didampingi Sekretaris Universitas Prof Dr H Memen Kustiawan SE Ak CA MSi MH serta Kepala Humas Prof Dr Deni Darmawan MSi MCE MKom.

"Ini sebuah perjuangan dengan kekuatan bersama. UPI akhirnya secara berturut-turut mampu mewujudkan diri sebagai salah satu PTNBH yang mampu meraih Anugerah Diktiristek terbanyak," ujar Prof Solehuddin, dalam siaran persnya, Senin (19/12).

Menurut Prof Solehuddin, sebuah Anugerah Diktiristek yang menjadi ajang bergengsi bagi semua Universitas di negeri ini. Karena, selalu memberikan kesan yang tidak terlupakan selama satu tahun mampu meraih prestice yang membagakan setiap civitasnya. 

"Itulah yang dirasakan oleh semua pimpinan PTNBH, PTN BLU, PTN Satker yang selalu berkumpul diakhir tahun di Diktiristek. UPI sendiri, menjadi salah satu dari insan dikti PTNBH sejak tahun 2017, 2018, 2019, 2020,2021, dan 2022 terpanggil terus dalam raihan sejumlah piagam pernghargaan dari Diktiristek ini," paparnya.

Pada Anugerah Diktiristek Tahun 2022, kata dia, UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner pada beberapa bidang yaitu bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, bidang kelembagaan, bidang kerjasama, bidang sumber daya dan bidang hubungan masyarakat. Berikut 7 anugerah penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2022.

Secara khusus, pada Anugerah Diktiristek bidang humas yang telah diraih UPI yaitu Anugerah Gold Winner dalam Kategori PTN BH sub kategori Insan Humas Terpopuler yang diraih Jatmika Nurhadi, berdasarkan penilaian pada unggahan informasi terkait publikasi transformasi pendidikan tinggi dalam IKU/MBKM/Matching Fund Kedaireka melalui akun Instagram Pribadi Insan Humas PTN BH.  

Anugerah Silver Winner Anugerah Humas Katergori PTN BH sub kategori Media Sosial berdasarkan penilaian pada ragam media social, engagement rate (likes, tag, and share), impression dan reach melalui social media analytic, jumlah posting, tone dan sentiment, pesan yang ditangkap oleh warganet, tanggapan atau komentar dari warganet, serta keluaran dan dampak.  

Anugerah Bronze Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH sub kategori Unit Layanan Terpadu berdasarkan penilaian pada ketersediaan sarana dan prasarana serta laporan layanan informasi. Selain itu, pada waktu yang bersamaan UPI juga meraih prestasi dengan predikat sebagai Badan Publik INFORMATIF dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia. 

Semuanya, kata Solehuddin, mampu diraih oleh tim masing-masing yang telah menempuh sejumlah tahapan proses kompetisi yang diselenggarakan oleh Diktiristek sepanjang 2022. Yakni, baik melalui proses seleksi, penarikan data maupun tahapan presentasi komitmen pimpinan yang di tahun 2022 ini dilaksanakan secara luring. Tahapan tersebut ditujukan dalam rangka mengukur kinerja perguruan tinggi. 

Raihan Anugerah yang cukup banyak jika dibandingkan dengan capaian tahun lalu, khususnya untuk Kantor Hubungan Masyarakat, maka ini semua akan menjadi tonggak kebangkitan dan pemerataan “Budaya Prestasi Humas Sepanjang Sejarah UPI. 

Dengan rentang waktu 5 tahun terakhir,  Humas UPI mampu menjadi sosok unit kerja yang mampu memberikan sumbangsihnya dalam rangka mewujudkan “Leading and Out Standing” atau dengan nuansa baru filosofi program kerja Rektor UPI periode 2022-2025 yaitu EDUN (Education Upturn of Nation). 

Berikut penghargaan yang berhasil diraih UPI:

1. Gold Winner, Terbaik 1 Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kategori Tim Pelaksana PPK Ormawa Sub Kategori Abdidaya Ormawa 2022 (Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) Area Komunitas Seni Sastra (AKASARA) Universitas Pendidikan Indonesia

2. Gold Winner, Terbaik Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kategori Perguruan Tinggi Subkategori Perguruan Tinggi dengan Sosialisasi Terbaik Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 

3. Gold Winner Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Satuan Kerja dengan Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum 

4. Gold Winner Anugerah Kelembagaan Kategori Perguruan Tinggi Pengelola Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang  Sub Kategori Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang Terbaik 

5. Gold Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori  Insan Humas Jatmika Nurhadi

6. Silver Winner Anugerah Humas Katergori PTN BH Subkategori Media Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

7. Bronze Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori Unit Layanan Terpadu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement